Peluang Usaha di Daerah Pedesaan yang Untung Besar

Peluang Usaha di Daerah Pedesaan yang Untung Besar

beritafintech.com – Ingin memulai bisnis di desa? Tapi bingung mau ngapain? Simak beberapa contoh peluang usaha di daerah pedesaan yang bisa kamu coba sendiri berikut ini.

Penduduk desa biasanya menggantungkan penghidupan mereka melalui pemanfaatan hasil alam. Misalnya dengan pertanian dan hortikultura. Tetapi bagaimana jika kamu tidak memiliki lahan untuk bertani dan berkebun? Membuka usaha adalah jawaban yang tepat.

Memulai bisnis di kota atau desa memiliki prinsip yang sama, yaitu memanfaatkan segala peluang yang ada. Pelajari kondisi di sekitar rumah untuk mencari peluang usaha daerah pedesaan yang bisa kamu jalankan.

Peluang Usaha di Desa 2022

Di bawah ini, Berita Fintech akan mengulas beberapa contoh bisnis yang menguntungkan di desa. Mungkin kamu bisa menjalankan salah satunya sebagai sumber penghasilan baru. Bisa berkolaborasi dengan orang lain, atau menjalankannya sendiri, itu kembali kepada pribadi kamu sendiri.

Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung merupakan salah satu komoditas peternakan yang memiliki prospek yang baik. Untuk memulai peternakan unggas yang satu ini tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Modal awal dan biaya pemeliharaan ayam kampung jauh lebih murah dibandingkan kambing, sapi atau kerbau.

Jika kamu berkecimpung dalam bisnis beternak ayam kampung, Anda bisa mendapatkan dua jenis hasil yaitu daging dan telur. Kmu bisa menjual telur di pasar atau kios terdekat. Sedangkan daging ayam bisa kamu titipkan kepada pemilik warung atau restoran. Jadi, apakah kamu sudah ada bayangan untuk menjalankan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang satu ini?

Konter Pulsa

Peluang usaha di desa yg menjanjikan dengan prospek yang sangat cerah adalah konter pulsa. Saat ini kebutuhan pulsa dan internet dari masyarakat selalu meningkat. Ini adalah hasil dari meningkatnya jumlah pengguna smartphone. Kamu tidak boleh melewatkan kesempatan ini untuk segera memulai bisnis konter pulsa.

Kunci sukses jualan pulsa di desa adalah letak konternya yang strategis. Misalnya di persimpangan jalan desa atau di dekat pusat perekonomian. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis konter pulsa tidak besar. Hanya dengan Rp 1 juta, kamu sudah bisa membeli rak atau jendela kaca, paket perdana dan voucher internet, serta setoran pulsa.

TRENDING  Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Pasti Cuan!

Jika kamu tertarik untuk memulai peluang usaha di desa 2021 yang satu ini, kamu bisa memulainya dengan menawarkan pulsa kepada tetangga atau orang yang kamu kenal terlebih dahulu. Baru setelah itu, kamu bisa mengiklankan usahamu tersebut.

Toko Sembako

Kebutuhan masyarakat akan sembilan bahan pokok selalu tinggi, terlepas dari desa atau kota. Sayangnya, penduduk desa harus menempuh jarak yang jauh untuk berbelanja. Kamu dapat menggunakan batasan ini untuk membuka toko sembako di desamu. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terbantu karena tidak perlu lagi berjalan jauh.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan bisnis yang lebih banyak karena animo masyarakat yang tinggi. Dengan menyediakan bahan makanan pokok yang paling sering dibeli orang. Berikan pelayanan terbaik dan pastikan toko kamu bersih dan rapi agar pelanggan lebih senang.

Selain itu, bisnis sembako juga membutuhkan pembukuan yang detail dan jelas. Nah jadi, tidak ada salahnya kamu memulai peluang usaha di desa berkembang yang satu ini, jika dirasa kamu sudah siap secara finansial, waktu dan tenaga.

Pom Bensin Mini

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah pom bensin mini. Secara umum, desa pasti jauh dari pom bensin. Kamu bisa memanfaatkan kondisi ini untuk mulai membuka usaha. Sebagian besar pompa bensin yang lebih kecil adalah waralaba. Jadi kamu perlu menghubungi pemiliknya untuk bisa menjual.

Jika kamu bekerja dengan perusahaan waralaba, kamu cukup menyetor sejumlah uang. Maka kamu akan mendapatkan paket obral lengkap. Cara ini lebih praktis dan mudah. Kamu juga dapat memulai bisnis ini secara mandiri tetapi akan membutuhkan waktu untuk menemukan dan membeli peralatan secara terpisah.

Jika kamu juga memiliki keahlian di bidang mobil, kamu juga bisa membuka bengkel selain usaha kecil SPBU yang kamu jalankan.

Warung Makan

Warung makan adalah contoh bisnis yang menguntungkan di desa. Semua orang butuh makan tapi tidak semua orang punya waktu luang untuk memasak. Salah satu ide paling keren adalah menjual makanan untuk sarapan. Orang-orang di desa juga sibuk dengan pekerjaan sejak pagi dan terkadang tidak punya waktu untuk memasak.

Memiliki warung makan sendiri di desa dapat membantu orang banyak. Kamu bisa menyajikan menu seperti sayur dan lauk pauk. Untuk menambah penghasilan, sediakan juga jajanan atau kue di pasar. Jajanan ini juga digemari oleh masyarakat di pedesaan.

TRENDING  Usaha Modal 2 Juta di Desa yang Pasti Laris

Kamu bisa memulai menjalankan peluang usaha di desa untuk ibu rumah tangga yang satu ini dengan membaca artikel tentang ide bisnis makanan. Setelah membaca artikel sejenis itu, maka kamu bisa menemukan beberapa referensi bisnis makanan yang mungkin bisa kamu jalankan.

Usaha Peternakan Lele

Di desa, masyarakat umumnya memiliki pekarangan yang luas. Kamu bisa memanfaatkan lahan kosong ini untuk beternak ikan lele. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang paling mudah untuk dibudidayakan. Apalagi modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Di sisi lain, manfaatnya bisa berlipat ganda.

Salah satu kuncinya, kamu harus fokus dan tidak main-main dalam menjalankan bisnis ikan lele. Ada dua jenis ikan lele yang bisa dipilih: pembibitan dan pembiakan.

Jika kamu fokus pada pembiakan, hasilnya lele akan siap untuk berkembang biak. Sedangkan untuk ternak, kamu perlu membeli bibit dari peternak lain dan membiakkannya hingga siap panen. Selain fokus pada budidaya benih lele, kamu juga harus memperhatikan cash flow dari bisnis budidaya lele yang kamu jalankan.

Jadi kamu juga harus memahami cara mengelola keuangan usaha kecil. Lalu, apakah kamu sudah mulai tertarik untuk mengeksekusi usaha modal 5 juta di kampung yang satu ini?

Jasa Laundry

Jasa laundry juga memiliki potensi keuntungan yang besar. Baik itu bisnis laundry per kilogram atau bisnis cuci sepatu. Karena orang selalu menyukai hal-hal yang praktis. Apalagi bagi mereka yang sibuk. Tidak perlu sewa ruko, bisnis ini bisa dijalankan di rumah.

Dengan mesin cuci, setrika listrik, timbangan, deterjen dan parfum, kamu bisa memulai usaha menjanjikan untuk pemula yang satu ini. Gunakan ruang kosong di rumah kamu sebagai tempat untuk melayani. Pasang banner nama yang menarik dan mudah dilihat agar orang bisa cepat mengetahui bisnismu.

Pangkas Rambut

Apakah ada tukang cukur di sekitar rumah kamu? Jika belum, segera manfaatkan peluang untuk membuka usaha yang menguntungkan di desa dengan modal kecil yang satu ini. Masyarakat, baik pria maupun wanita, membutuhkan gaya rambut.

Akan lebih baik jika kamu juga menyediakan layanan lain seperti cuci rambut dan creambath. Karena kamu membuka usaha di pedesaan, sesuaikan harga dengan pendapatan masyarakat sekitar. Jangan menetapkan harga terlalu tinggi agar pelanggan tidak pergi. Juga memberikan pelayanan yang terbaik.

Selalu ikuti perkembangan gaya rambut saat ini. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tempat dan peralatan agar pelanggan bisa merasa nyaman. Kamu bisa membaca artikel tentang tips memulai bisnis salon, untuk mempelajari cara mengembangkan bisnis salon yang kamu jalankan.

TRENDING  Usaha Modal 1 Juta di Kampung yang Menguntungkan

Menjual Souvenir Khas Desa

Jika desa kamu memiliki produk buatan tangan seperti aksesoris dan suvenir, jadikan itu bisnis. Kamu dapat menawarkan pemasaran kepada pengrajin. Jadi, kamu bertindak sebagai penghubung antara pengrajin dan pembeli. Di sinilah kamu akan mendapatkan keuntungan.

Agar lebih praktis, kamu bisa memasarkan melalui media sosial dan marketplace. Selain lebih mudah, jangkauannya juga lebih luas. Sangat menjanjikan bukan peluang usaha di desa modal kecil yang satu ini?

Penjahit

Jasa penjahitan selalu dibutuhkan baik di pedesaan maupun perkotaan. Baik itu layanan pakaian dan rias wajah. Pasalnya, masyarakat selalu membutuhkan tenaga ahli untuk membuat pakaian. Bisnis jasa jahit ini biasanya kebanjiran pesanan saat menjelang tahun ajaran baru dan menjelang hari raya.

Di hari biasa masih ada pesanan tapi tidak sebanyak dua musim. Kamu juga dapat menawarkan untuk mengganti pakaian atau jeans kamu untuk menambah penghasilan kamu pada hari-hari biasa.

Tidak diperlukan modal yang besar, kamu hanya perlu membeli mesin jahit dan perlengkapan penunjang lainnya. Dengan modal kurang dari 5 juta rupiah, kamu sudah bisa membuka jasa menjahit. Jadi, jangan sia-siakan peluang usaha di kampung modal 2 juta ini ya gaes.

Membuka Warnet / Fotocopy

Warung internet dan usaha fotocopy masih menjanjikan sebagai bisnis di desa. Satu-satunya hal yang dianggap sebagai keuntungan bagi pengusaha di bidang ini adalah kurangnya pesaing. Kamu bisa membuka bisnis ini di satu tempat.

Misalnya, di latar depan, kamu membuka aktivitas pemotretan. Saat berada di belakang, disediakan beberapa unit komputer lengkap dengan stand untuk bekerja di warnet. Untuk menambah penghasilan, kamu juga bisa memberikan snack dan minuman ringan.

Namun kamu juga harus memastikan bahwa tempat kerja kamu tidak menimbulkan gangguan publik. Dan kami bisa menyatakan bahwa peluang usaha di desa terpencil yang satu ini prospeknya akan semakin besar ke depannya.

Sudahkah kamu memilih dari peluang usaha di daerah pedesaan yang telah kami bahas? Apapun jenis bisnis yang kamu pilih, kamu harus merencanakan dengan matang dan memperhitungkan semua potensi risiko. Karena setiap usaha pasti akan memiliki kendala, yang harus dipastikan bahwa kamu yakin bisa menemukan solusinya ya gaes.

Check Also

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Pasti Cuan!

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Pasti Cuan!

beritafintech.com – Pernahkah kamu berpikir untuk memulai usaha rumahan modal 50 ribu yang pasti cuan? …

%site% | NEWS