Asuransi BCA Life, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Asuransi BCA Life, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

beritafintech.com – BCA Life adalah anak perusahaan Bank BCA, dan private equity-nya termasuk dalam BCA Group. Simak penjelasan kelebihan dan kekurangan Asuransi BCA Life sebelum kamu memutuskan berlangganan asuransi di sana.

Terdapat 7 badan usaha yang tergabung dalam BCA Group dengan pengelolaan tersendiri, antara lain BCA (Bank), BCA Finance, BCA Syariah, BCA Finance Limited (Cabang Hong Kong), BCA Sekuritas, BCA Insurance dan BCA Life.

Saham BCA Life dimiliki oleh BCA Sekuritas hingga 99,9%, dan sisanya dimiliki oleh BCA Insurance (0,01%). Kemudian pada tahun 2017, seluruh saham tersebut diakuisisi oleh Bank BCA, sebagai holding company untuk mewujudkan visi sebagai lembaga jasa keuangan yang memberikan perlindungan asuransi kepada setiap nasabahnya.

Sekilas Mengenai BCA Life

BCA Group memiliki 14 juta nasabah di seluruh Indonesia. BCA Life mengalami kerugian sebesar 37,56 miliar di tahun 2017. Namun, aset BCA Life naik 118% menjadi 842 miliar.

Solvabilitas BCA sangat tinggi, yaitu 1180%, hampir 10 kali lipat dari benchmark yang ditetapkan OJK (120%). BCA Life memiliki 17 produk asuransi dan dua rider tambahan. Asuransi jiwa dan kesehatan mencakup individu dan kelompok.

Saluran pemasaran Asuransi BCA Life masih konvensional, yaitu melalui asuransi bank dan telemarketing.

Sejarah Asuransi BCA Life

Pada tahun 1957, Bank BCA didirikan dan merupakan perusahaan induk dari BCA Life. Pada 14 Juli 2014, BCA Life memperoleh izin dari OJK untuk mulai beroperasi dengan modal awal 400 miliar.

Di penghujung tahun 2014, BCA menjalin kerjasama dengan AIA untuk memasarkan produk Bancassurance. Pada tahun 2017, BCA mengakuisisi BCA Life dari pemilik sebelumnya yaitu BCA Sekuritas dan BCA Insurance.

Pada tahun 2018, sebagai hasil akuisisi, aset BCA meningkat 118% menjadi 842 miliar. Pada 2020, BCA membukukan laba 12 miliar.

Produk Asuransi BCA Life

Mewujudkan misi dan visinya sebagai lembaga keuangan terkemuka yang memberikan layanan keuangan sekaligus perlindungan kepada nasabahnya melalui BCA Life, BCA Life meluncurkan berbagai produk asuransi untuk individu dan kelompok, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, tabungan dan investasi.

Asuransi Jiwa BCA Life

Produk asuransi jiwa terbagi menjadi dua kategori, individu dan kelompok. Untuk individu, BCA Life memiliki 12 produk dengan tambahan rider, serta 4 produk grup, dengan manfaat berbeda yang bisa didapatkan nasabah.

TRENDING  Asuransi Pendidikan BCA: Cara Klaim dan Produknya

BCA Life Heritage Protection

Sebuah warisan yang berharga layak untuk ahli waris tercinta, termasuk putra dan keluarga. Karena selain sebagai perlindungan finansial, produk ini juga memberikan rasa tenang dan juga merupakan perwujudan tanggung jawab kamu sebagai kepala rumah tangga terhadap anak dan keluarga kamu. Keunggulan produk ini antara lain:

  • Jaminan kematian 100% kembali.
  • Santunan dalam hal tertanggung sakit parah, dengan nilai maksimum 3 miliar.
  • Properti pinjaman memiliki maksimum 80% dari jumlah yang dijamin.
  • Ada tambahan nilai tunai yang diasuransikan

Credit Protection Prima

Ini adalah hasil kerjasama antara BCA Life dan BCA Finance. Produk asuransi ini memberikan perlindungan keringanan utang apabila tertanggung meninggal dunia atau cacat tetap dan tidak dapat membayar kembali pinjaman mobil dari BCA Finance. Manfaat lain dari Program Proteksi Kredit Prima antara lain:

  • Satu kali angsuran, dibayarkan hanya sekali di awal kontrak.
  • Tanpa pemeriksaan kesehatan, dengan total pertanggungan hingga 1 Milyar.
  • Kemudahan mengklaim, ditambah akses cepat ke informasi polis.

BCA Credit Life Protection

Produk ini merupakan perlindungan bagi nasabah yang mengambil KPR, apabila terjadi sesuatu yang mengakibatkan nasabah meninggal dunia atau cacat tetap maka sisa manfaat sebesar nilai yang dijamin akan dilunasi.

Namun apabila terdapat tunggakan kredit tidak termasuk dalam cakupan. Premi dibayarkan hanya sekali pada saat penandatanganan perjanjian.

BCA Life Keluargaku

Produk ini ditujukan bagi karyawan perusahaan yang ingin memiliki perlindungan bagi dirinya dan keluarganya. BCA Life bermitra dengan perusahaan untuk menawarkan produk BCA Life Family, dengan keunggulan sebagai berikut:

  • Perlindungan jiwa hingga 10 tahun.
  • Apabila terjadi kecelakaan yang mengakibatkan meninggalnya tertanggung, maka diberikan santunan sebesar 200% dari Uang Pertanggungan. Jika tidak terjadi kecelakaan, ganti rugi hanya 100% dari uang pertanggungan.
  • Jika tertanggung masih dalam keadaan sehat sampai dengan berakhirnya masa perlindungan, premi dasar dikembalikan sebesar 100%.
  • Membebaskan premi asuransi jika pemegang polis dalam kondisi kritis.

BCA Life Proteksi Jiwa Optima

Produk yang memberikan manfaat perlindungan jiwa dari kematian atau kondisi kritis. Beberapa keunggulan Optima Life Protection dari BCA Life antara lain:

  • Nilai pertanggungan hingga 500 juta kematian atau kondisi kritis.
  • Pengembalian uang premi 100% pada akhir masa perlindungan, dengan riwayat tidak ada klaim.
  • Cicilan mudah mulai dari 110 ribu.
  • Cicilan lebih pendek dan 10 tahun untuk perlindungan 15 tahun.
  • Diskon khusus diberikan jika menyertakan pasangan.

BCA Life Legacy Protection

Kenikmatan perlindungan diri merupakan kewajiban sebagai bentuk tanggung jawab terhadap orang yang dicintai, yaitu anak dan pasangan.

Dengan Legacy Protection, kebutuhan finansial keluarga kamu akan tetap terjamin meski kamu tidak berada di sisinya. Beberapa keunggulan produk ini antara lain:

  • Perlindungan jangka panjang hingga 99 tahun.
  • Santunan kematian dan/atau kondisi kritis.
  • Ada manfaat pertanggungan tambahan, dan tidak ada biaya tambahan.
TRENDING  Asuransi Pendidikan BCA: Cara Klaim dan Produknya

Asuransi Jiwa Kumpulan

Produk ini ditujukan untuk melindungi aset berharga perusahaan, yaitu karyawan. Untuk produk asuransi jiwa grup, BCA Life memiliki dua produk yang berbeda dengan tambahan pengendara dengan manfaat yang berbeda, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan perusahaan.

Group Life Protection Prima

Ini adalah produk kolektif yang didedikasikan untuk memberikan perlindungan jiwa kepada karyawan perusahaan.

Sehingga perusahaan dapat terbantu dengan pengelolaan keuangan dalam program kesejahteraan karyawan. Selain itu, jika tertanggung dalam kondisi kritis, 50% dari uang pertanggungan akan diganti.

Group Personal Accident

Produk ini ditawarkan melalui kerjasama antara BCA Life dan perusahaan. Memberikan perlindungan kecelakaan kepada setiap karyawan merupakan kewajiban perusahaan.

Dengan produk ini, karyawan dan keluarganya akan merasa tenang dalam bekerja. Selain itu, ada tiga penumpang yang bisa ditambah untuk perlindungan kecelakaan, cacat tetap dan biaya rumah sakit.

Produk Asuransi Tabungan BCA Life

Perencanaan ke depan dengan memberikan tabungan yang memadai untuk berbagai kebutuhan, serta perlindungan terhadap risiko kematian untuk mendapatkan manfaat asuransi bagi keluarga tercinta, pasti memberikan rasa aman dan nyaman. BCA Life memiliki dua produk asuransi tabungan unggulan.

Asuransi Jiwa Tahapan Berjangka

Melindungi nasabah Bank BCA dari risiko kematian, dengan tujuan utama menabung untuk segala keperluan. Beberapa keuntungan dari fase masa depan ini meliputi:

  • Perlindungan hingga 20 tahun.
  • Cicilan mulai dari 500 ribu per bulan.
  • Cakupan kematian akibat kecelakaan mencapai 1,5 miliar.
  • Pertanggungan karena sakit atau sebab lain mencapai 750 juta.
  • Tambahan 5 juta bonus kematian per akun.

BCA Life Annuity Plan

Mendapatkan anuitas saat memasuki masa pensiun tentu akan melegakan, karena Anda masih memiliki penghasilan setiap bulannya. Dan sekaligus menjaga jiwa agar bisa menjadi peninggalan yang berharga bagi anak cucu saat meninggal nanti. Manfaat produk paket premium meliputi:

  • Kamu akan memiliki dana pensiun.
  • Pengembalian premi setelah kematian pemegang polis.
  • Dalam hal tertanggung meninggal dunia, tunjangan tahunan dibayarkan kepada anak sampai dengan usia 25 tahun, dan/atau yang ditunjuk (duda/janda).

Asuransi Kesehatan BCA Life

Untuk memenuhi kebutuhan akan perlindungan kesehatan, BCA Life telah meluncurkan dua produk asuransi kesehatan untuk individu dan produk kesehatan kelompok.

Hospital 100% Refundable

Dengan memperoleh produk ini, BCA Life menjamin Anda dari segala biaya rawat inap. Sehingga Anda bisa cukup fokus untuk memulihkan kesehatan. Masih banyak keunggulan lain dari produk ini, antara lain:

  • Pengembalian premi 100% setelah aktivasi polis selama 10 tahun, baik kamu telah mengklaimnya atau tidak.
  • Biaya premi mulai dari 100.000 per bulan.
  • Menutupi biaya kamar harian hingga 1,2 juta. Maksimal 30 hari per tahun.
  • Santunan kematian adalah 100% dari premi yang dibayarkan. Jika meninggal karena kecelakaan, diberikan premi 200%.
TRENDING  Asuransi Gigi BCA: Melindungi Senyuman dengan Lebih Aman

Bima Proteksi KesehatanKu

BCA Life memberikan solusi perlindungan kesehatan kepada seluruh masyarakat dengan biaya premi yang sangat rendah, kurang lebih sama dengan iuran BPJS Kesehatan namun memiliki manfaat lebih dari BPJS Kesehatan yaitu memiliki manfaat kematian. Beberapa keunggulan produk ini antara lain:

  • Perlindungan hingga 10 tahun. Bayar cicilan 8 tahun saja.
  • Premi terjangkau, hanya 69 ribu per bulan.
  • Manfaat rawat inap.
  • Kompensasi kematian

BCA Life Health Protection

Produk yang ditujukan untuk karyawan perusahaan, dengan manfaat perlindungan kesehatan bagi seluruh karyawan, sehingga keuangan perusahaan tetap stabil dan terlindungi dari hal-hal yang tidak diharapkan dari karyawan yang menjalani perawatan di rumah sakit, persalinan, rawat jalan, perawatan gigi, kacamata, dll.

Kelebihan dan Kekurangan BCA Life

BCA merupakan salah satu lembaga keuangan terbesar dan terpercaya di Indonesia, dengan lebih dari 14 juta klien. Dengan kredibilitas ini, ada banyak kelebihan BCA Life yang patut kamu banggakan dan pertahankan, dan ada juga kekurangan BCA Life yang perlu diperbaiki.

Kelebihan BCA Life

  • Ada pengembalian premi untuk produk asuransi jiwa.
  • Rasio solvabilitas sangat tinggi, sehingga nasabah merasa lebih aman saat melakukan klaim.
  • Respon dan penanganan sangat cepat dan tepat.
  • Premi agak rendah, dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi lain.
  • Membuat klaim lebih mudah.

Kekurangan BCA Life

  • Produk ini sangat eksklusif karena ditawarkan kepada nasabah hanya melalui jalur konvensional yaitu asuransi bank dan telemarketing.
  • Tidak ada produk yang sah.
  • Tidak ada nilai investasi di sebagian besar produk asuransi jiwa BCA.

Kesimpulan

BCA Life, anak perusahaan Bank BCA yang merupakan perusahaan penyedia layanan keuangan nomor satu di Indonesia, tentu menjadi keunggulan tersendiri karena kepercayaan nasabah dapat diperoleh dengan cepat.

Meski kinerjanya dalam tiga tahun terakhir mengalami kerugian yang cukup signifikan, namun BCA Life akhirnya mampu membukukan laba di tahun 2020, dengan aset yang juga meningkat.

Produk yang ditawarkan BCA Life juga sangat menarik, terutama karena adanya pengembalian premi untuk produk asuransi jiwa dan kesehatan, karena kebanyakan perusahaan lain tidak mengembalikan premi untuk asuransi jiwa dan kesehatan yang tidak terkait dengan unit link.

Meskipun BCA Life masih sangat muda di industri asuransi Indonesia, namun memiliki potensi besar untuk berkembang dan menjadi perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia.

Untuk mencapai hal tersebut, BCA Life harus meningkatkan jalur distribusi tradisional yang ada, yang terbatas pada telemarketing dan bank garansi, ke jalur yang lebih luas seperti keagenan lapangan, pemasaran digital yang mudah diakses, dll.

%site% | NEWS