Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Pasti Untung

Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Pasti Untung

beritafintech.com – Dengan harga kebutuhan pokok yang sedang naik saat ini, tak ada salahnya membuka usaha rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan. Sebenarnya, banyak sekali usaha menjanjikan untuk pemula meski sama sekali belum pernah menekuni dunia usaha sebelumnya.

Hanya saja, terkadang kita terlalu takut untuk gagal padahal sama sekali belum pernah mencoba untuk memulai. Nah pada kesempatan kali ini, mari kita semua buang rasa takut gagal sebelum berani mencoba terlebih dulu itu. Agar tidak hanya kehidupan kita yang menjadi lebih baik, tetapi juga kehidupan orang-orang yang di sekitar kita.

Seperti yang kita ketahui bersama, gaji sebagian besar karyawan tidak seberapa, terkadang tidak cukup untuk menutupi kebutuhan dan gaya hidup sehari-hari. Oleh karena itu, membuka usaha rumahan yang menjanjikan saat ini merupakan langkah yang tepat bagi kamu yang sedang membutuhkan uang tambahan.

Namun masalahnya, tak sedikit yang meremehkan jenis usaha rumahan yang menjanjikan ini. Padahal nyatanya, banyak orang yang sukses berbisnis dari rumah loh sobat sekalian. Salah satunya contohnya adalah Ibu Kustinah, seorang pengusaha yang berpenghasilan Rp 300 juta per bulan.

Berbekal pengalaman bekerja di pabrik rempeyek, Ibu Kustinah telah mendirikan usaha rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga dan telah berhasil membuka 10 cabang dengan puluhan karyawan. Kisah ini bisa menjadi inspirasi usaha rumahan yang menjanjikan bagi kamu yang ingin membuka usaha dari rumah. Baiklah, tidak perlu menunggu lagi, mari kita lihat seperti apa bisnis rumahan yang menguntungkan sekarang ini!

Peluang Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Ada banyak usaha rumahan yang tidak ada matinya yang bisa membuat kamu untung besar dan pasti cuan. Akan tetapi, tidak semua usaha akan bertahan lama seiring dengan perubahan yang terus terjadi di dunia ini. Berikut adalah beberapa usaha rumahan yang cocok untuk pemula sekalipun.

Berjualan Camilan atau Makanan

Menjual makanan atau jajanan merupakan peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Dengan potensi yang besar, kamu juga perlu sedikit riset agar bisnis rumahan ini berjalan lancar. Berikut beberapa pilihan kuliner yang bisa kamu coba di rumah. Bisa dengan berkolaborasi dengan saudara dan tetangga, atau memilih menjalaninya sendiri.

Menjual Berbagai Jenis Kue

Seperti kebanyakan orang, orang Indonesia sangat menyukai jajanan. Jajanan yang disukai orang Indonesia antara lain:

  • Brownies kukus
  • Donat
  • Muffin
  • Kue lapis

Selain jenis kue di atas, sebenarnya masih banyak lagi jenis kue lainnya yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bisnis ini sangat ideal jika rumah kamu berada di area yang ramai seperti kampus universitas, kantor atau sekolah.

Buka warung makan

Jika kamu memiliki keterampilan memasak yang baik, kami sarankan jangan sia-siakan bakat tersebut. Dengan modal kecil, kamu sudah bisa membuka restoran kecil-kecila di rumah. Untuk memulainya, kamu bisa merombak ruangan yang ada di rumahmi agar lebih nyaman sebagai ruang makan bagi calon pembeli.

Masakan rumahan seperti telur dadar, ayam goreng, dll biasanya sangat digemari oleh sebagian besar orang. Tetapi, jika kamu memiliki resep keluarga yang enak dan unik, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntunganmu dengan resep tersebut.

Berjualan Pulsa dan Kuota

Dengan era yang semakin maju, hp kini menjadi komoditas utama yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan manusia. Melihat situasi tersebut, berjualan pulsa dan kuota bisa menjadi paket usaha rumahan yang menjanjikan yang tidak boleh kamu lewatkan tentunya.

Usaha rumahan modal kecil untung besar ini akan terus dibutuhkan sampai kapan pun. Yang kamu butuhkan hanyalah hp untuk mengirim pulsa dan kuota kepada para pembeli. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai agen di distributor pulsa dan paket internet ternama yang bisa kamu cari secara online.

Membuka Jasa Penjahit Pakaian

Jika kamu memiliki hobi menjahit, maka kamu bisa menjadikannya ide usaha rumahan yang menjanjikan saat ini. Bisnis ini sekilas mungkin tampak ketinggalan zaman. Tetapi jangan salah, bisnis ini selalu diincar banyak orang karena banyak peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan dengan membuka jasa yang satu ini.

TRENDING  Usaha Modal 1 Juta di Kampung yang Menguntungkan

Bayangkan saja, berapa banyak pernikahan yang terjadi dalam setahun dan hitung berapa banyak pakaian pernikahan yang bisa kamu jahit. Atau, kamu juga bisa merombak bahan kain yang tidak terpakai, menjadi sebuah kerajian yang unik serta menarik. Kemudian kamu bisa menjualnya dengan harga yang pantas.

Membuka Jasa Laundry Kiloan

Orang jaman sekarang sangat menyukai hal-hal yang praktis karena kesibukannya setiap hari. Dengan begitu banyak waktu yang dihabiskan di kantor, banyak orang lebih memilih untuk “membeli” waktu orang lain untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Salah satunya adalah mencuci pakaian.

Dengan peluang seperti itu, membuka usaha laundry kiloan bisa menjadi ladang emas yang rela kamu sekop. Dengan lokasi yang tepat dan strategi pemasaran yang matang, contoh usaha rumahan yang menjanjikan ini akan segera memberikan tambahan pundi-pundi uangmu loh sob.

Membuka Rental Play Station

Dunia game akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Orang-orang tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menikmati kesenangan yang ditawarkan konsol ini. Jika lokasi rumah kamu berada di tempat yang ramai, kamu bisa mencoba peluang usaha rumahan di desa ini sob.

Dengan modal dua TV dan dua PlayStation 4, kamu bisa membuka ruang sewa sendiri di rumah. Meski modal yang dikeluarkan cukup besar, bisnis ini merupakan pengembalian investasi yang cepat mengingat animo masyarakat khususnya remaja untuk bermain game semakin tinggi sekarang ini.

Membuka Jasa Cuci Kendaraan

Ini adalah salah satu usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan sob. Bagaimana tidak, coba perhatikan tempat cuci mobil yang selalu terlihat sepi. Belum lagi saat musim hujan tiba, jumlah pelanggan yang menggunakan sepeda motor kotor akan semakin meningkat. Dengan modal kurang dari 8 juta, kamu sudah bisa membuka bisnis ini.

Membuka Jasa Pemberi Feedback untuk Website Baru

Jenis bisnis ini tidak asing bagi para wiraswasta. Dengan hanya berbekal koneksi internet, kamu dapat menjalankan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini Sob. Saat ini, reputasi suatu produk ditentukan oleh umpan balik dari pembeli. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba bisnis ini untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jumlah bayaran untuk pekerjaan ini ,tergantung pada jumlah akun yang dapat digunakan untuk memberikan umpan balik di situs web perusahaan yang mempekerjakan kamu. Dengan kata lain, semakin banyak stok akun yang kamu miliki, maka kemungkinan keuntungan yang akan kamu dapat semakin besar pula.

Membuka Jasa Foto dan Video

Usaha rumahan yang lagi trend 2021 ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan untuk kamu berlatih berwirausaha. Semua orang mungkin bisa mengambil foto atau merekam video, tapi tidak semua orang bisa melakukannya secara profesional. Inilah saatnya bagi kamu untuk mengisi “celah” yang kosong ini.

Layanan foto dan video yang kamu buka dapat melayani berbagai kebutuhan seperti pernikahan, foto wisuda, dan masih banyak lagi. Modal yang kamu butuhkan adalah ruangan yang bisa digunakan untuk studio, kamera dan komputer untuk keperluan editing.

Ternak Ikan Hias

Terkadang harga ikan akuarium sama sekali tidak masuk akal. Misalnya, ikan Channa yang sudah jadi bisa berharga ratusan juta. Jika kamu sangat menyukai ikan dan tertarik untuk menghasilkan uang, kamu bisa mencoba bisnis budidaya ikan akuarium.

Bisnis ini harus ditanggapi dengan sangat serius, karena kamu akan menginvestasikan banyak uang di sini. Berikut beberapa tips sukses mengelola bisnis ikan akuarium:

  • Mencari spesies ikan akuarium bernilai tinggi
  • Mengkaji sistem pasar ikan hias
  • Pelajari cara memelihara ikan akuarium agar pekerjaan ini bertahan lama
  • Bergabunglah dengan forum dan komunitas ikan akuarium untuk mengembangkan bisnis kamu
  • Promosikan bisnis dengan strategi yang tepat.

Usaha Warung Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan menjamurnya kafe-kafe yang menyajikan berbagai jenis kopi di setiap sudut kota. Dengan teras dan mesin kopi, kamu dapat membuka warkop sendiri Sob.

Namun, perlu diingat juga bahwa kamu perlu sedikit latihan untuk menyeduh dengan baik. Jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin usaha rumahan yang menjanjikan di desa ini bisa berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan. Intinya, kamu juga harus berani mencari dan memanfaatkan peluang yang ada.

Jasa Servis Barang Elektronik

Pekerjaan ini tampaknya sudah ketinggalan zaman. Namun, jangan salah, Sob. Masih banyak orang yang membutuhkan layanan ini. Seiring dengan kemajuan teknologi, tentunya banyak sekali barang elektronik yang diproduksi. Sederhananya, maka akan semakin banyak pula barang elektronik yang perlu diperbaiki.

TRENDING  Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Pasti Cuan!

Jika kamu menyukai bidang listrik atau telah lulus dari jurusan serupa, kamu dapat mencoba usaha rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil ini Sob. Mulailah dengan menawarkan jasamu kepada orang-orang terdekat. Kemudian kamu bisa mengiklankan jasa tersebut jika sudah percaya diri dengan hasil yang kamu peroleh.

Membuka Jasa Desain Grafis

Bisnis desain grafis dari rumah sudah tidak asing lagi. Pesatnya perkembangan bisnis usaha rumahan yang menjanjikan ini semakin ditunjang dengan perkembangan teknologi belakangan ini. Selain itu, orang yang menyukai hal-hal praktis tentunya akan mencari jasa yang dapat mempermudah pekerjaannya.

Beberapa jenis karya desain grafis yang bisa kamu coba di rumah antara lain:

  • Gambar kaos
  • Desain web atau blog
  • Animasi 3d
  • Logo, kartu nama, dan spanduk

Menjadi Agen PPOB

Hampir seperti bisnis pulsa dan kuota, usaha rumahan yang menjanjikan modal kecil ini sangat layak dicona. PPOB atau Payment Point Online Banking adalah bisnis agen pembayaran resmi. Dengan menjadi agen PPOB, berikut beberapa pembayaran yang bisa dilakukan:

  • Faktur PDAM
  • Biaya Listrik Bulanan
  • Tagihan TV
  • Biaya internet dan telepon
  • Membeli tiket pesawat atau kereta api

Saran kami, sebelum kamu memulai, ada baiknya mengetahui syarat dan tata cara menjalankan bisnis ini terlebih dahulu ya Sob.

Membuka Pertamini di Depan RumaH

Usaha rumahan yang menjanjikan untung besar ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki rumah dipinggir jalan yang ramai. Dengan tampilan yang lebih menarik, tentunya Pertamini memiliki nilai jual yang lebih dibandingkan kompetitornya, bensin eceran. Berikut perkiraan perhitungan rincian modal yang dibutuhkan untuk usaha Pertamini:

  • Harga: Rp 5 juta
  • 100 liter bensin: Rp 750.000 (asumsi Rp 7.500 per liter)
  • Biaya listrik per bulan: sekitar Rp 60 ribu
  • Alat pemadam api portabel: Rp 150.000
  • Kontinjensi atau biaya tambahan: Rp 1,5 juta
  • Total biaya: Rp 7.460.000

Menjadi Youtuber

Untuk menjadi seorang YouTuber, kamu harus memiliki kreativitas tinggi dan kemampuan mengedit video untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi. Jika kamu memiliki semua kemampuan yang disebutkan di atas, maka usaha rumahan yang menjanjikan 2021 ini layak untuk kamu coba.

Pasalnya, jika kamu bisa konsisten dalam menyediakan konten berkualitas tinggi, pendapatan yang kamu peroleh dari bisnis ini mungkin tidak sedikit. Bahkan bukan tidak mungkin, kamu akan kebanjiran endorse nantinya.

Jasa Air Minum Isi Ulang

Sebagai bisnis yang mempermudah hidup, usaha rumahan yang menjanjikan di kampung ini sangat patut dicoba karena masyarakat menyukai hal-hal yang praktis. Sebelum memulai bisnis ini, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu agar investasi yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Setelah mengumpulkan uang dan pengetahuan, kamu dapat memulai bisnis ini tanpa keraguan. Untuk strategi penjualan, kamu bisa mengajak pembeli untuk mendaftar dan menitipkan produk kamu di warung makan sekitar rumah.

Konsultan SEO

Dengan berkembangnya teknologi, muncul pula berbagai jenis pekerjaan baru, di antaranya adalah layanan search engine optimization (SEO). Layanan ini dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkan lalu lintas dari mesin pencari. Pekerjaan yang satu ini, bisa disebut usaha rumahan yang menjanjikan dengan modal sedikit.

Karena, yang dibutuhkan adalah kepercayaan dari klien. Jika klien kamu sudah percaya dengan kinerja dan hasil yang bisa kamu berikan, maka semuanya akan terasa mudah. Jika kamu memiliki pengalaman di dunia SEO, jangan lewatkan kesempatan emas ini, ya!

Membuka Kursus Memasak

Ini adalah usaha rumahan yang menjanjikan tanpa modal yang tidak boleh dilewatkan. Tentu saja, ada banyak orang yang suka belajar memasak, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Jika kamu memiliki bakat membuat bumbu untuk makanan, jangan lewatkan kesempatan ini.

Tidak perlu modal besar, cukup siapkan gadget dapur dan bahan masakan! Bahkan, kamu juga bisa melakukannya di dapur para peserta kursus. Beberapa kursus yang bisa kamu buka antara lain membuat kue, membuat aneka jajanan, memasak makanan khas daerah, dan masih banyak lagi.

Jasa Potong Rambut

Meski terdengar sederhana, namun usaha kecil ini tidak boleh terlalu diremehkan karena omzetnya bisa cukup besar. Pasalnya, modal awal yang kamu keluarkan bisa digunakan berkali-kali. Sementara itu, bisnis ini memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi jika dibuka di lingkungan yang gaya rambut masih sedikit.

Ternak Kroto

Siapa sangka ternak croto bisa menjadi usaha kecil-kecilan yang menguntungkan di rumah? Saat ini sangat sulit untuk menemukan telur croto di alam liar. Padahal, permintaan pasar terus meningkat, dan ketersediannya sangat rendah. Dengan modal yang sangat sedikit, kamu bisa melakukan bisnis ini di kebunmu!

TRENDING  15 Contoh Usaha di Daerah Sepi yang Menguntungkan

Tips Membuka Usaha Rumahan

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan terlebih dahulu. Berikut beberapa cara yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis dari rumah.

Jangan Takut Gagal

Setiap pengusaha hanya akan dihadapkan pada dua pilihan, sukses atau gagal. Bahkan jika kamu seorang pemula, kamu harus bisa mengatasi rasa takut akan kegagalan. Perasaan ini akan menghantui hampir setiap keputusan yang kamu buat dan bisnis kamu akan berakhir gagal karenanya.

Oleh karena itu, bangunlah mentalitas pemenang dalam diri kamu dan pastikan bahwa kamu memiliki semua yang diperlukan untuk membuat bisnis ini sukses dari rumah.

Mempelajari Pengelolaan Administrasi yang Baik

Meski bisnis rumahan dilakukan dalam skala kecil, tidak ada salahnya mempelajari dasar-dasar manajemen manajerial yang baik. Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah jangan sampai tertukar antara keuangan bisnis dan pribadi.

Pengelolaan administrasi yang teratur akan memudahkan kelangsungan bisnis dari rumah tempat Anda tinggal saat ini. Dengan pondasi yang kuat, bisnis apapun akan berjalan dengan lancar.

Tentukan Visi dan Misi

Menentukan visi dan misi akan membantu kamu menentukan tujuan dan arah pekerjaan kamu dari rumah. Dengan memiliki tujuan, kamu akan memiliki tujuan yang ingin dicapai agar bisnis terus berkembang.

Jika kamu memilih untuk tidak memikirkan hal ini, kemungkinan kamu tidak akan berhasil karena kamu tidak benar-benar tahu apa yang akan kamu lakukan.

Memilih Usaha Rumahan yang Sesuai dengan Passion

Bekerja tanpa passion hanya akan berujung pada kegagalan. Mengapa demikian? Sebab, jika tujuan utamanya hanya uang, kamu hanya akan mempersulit pekerjaan yang sedang kamu geluti.

Membangun bisnis memang sulit, tetapi pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu akan membuat segalanya menjadi mudah karena kamu sangat mencintai apa yang kamu lakukan. Jika kamu suka memasak, buka bisnis masakan rumahan. Jika kamu menyukai musik, buka proyek studio musik yang bisa kamu sewa. Intinya, pilihlah pekerjaan yang benar-benar membuat kamu lebih hidup dan bahagia.

Menentukan Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha Rumahan

Bisnis yang sukses selalu dimulai dengan perencanaan yang baik. Sebab ada pepatah yang bilang, gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan itu sendiri. Salah satu rencana yang harus kamu pertimbangkan adalah ketika kamu sudah bernait memulai bisnis dari rumah.

Jika kamu melakukan ini tanpa perhitungan yang akurat, bisnis yang dibentuk dengan modal besar bisa berakhir dengan kegagalan. Contoh, jika kamu ingin memulai bisnis kue di rumah, kamu bisa memulai bisnis sebelum Ramadhan.

Menghitung Kebutuhan Modal

Setiap bisnis membutuhkan modal. Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah menghitung apakah kamu memiliki cukup modal untuk memulai bisnis pilihan kamu saat ini. Hindari membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan sampai kamu dapat mencurahkannya untuk hal-hal yang benar-benar diperlukan.

Jika kamu bekerja dari rumah dan memilih membutuhkan kios, kamu bisa memanfaatkan pekarangan atau garasi di rumah untuk menghemat budget. Intinya, kamu juga harus pandai-pandai menyiasati untuk menghemat atau mengirit dana yang akan keluar.

Mencari Strategi Promosi yang Tepat

Promosi adalah cara terbaik untuk mempresentasikan bisnis di sekitar area rumah kamu atau bahkan di kota tempat kamu tinggal. Semakin sering promosi terjadi, semakin banyak pelanggan yang membeli atau terjalin kerja sama. Untuk menghemat uang pada promosi, kamu harus memilih target yang tepat.

Kamu bisa mencoba Facebook Ads atau Google Adwords, karena keduanya dapat mempromosikan bisnis kamu ke tujuan yang kamu pilih dengan benar.

Tanya Jawab

Usaha apa yang bagus untuk pemula?

Semua usaha sama bagusnya. Tergantung dengan sesuai fashionmu atau tidak. Bicara soal hasil, tentu saja akan relatif untuk setiap orang. Tergantung bagaimana kamu mensyukurinya.

Usaha apa yang dibutuhkan orang setiap hari?

Kamu bisa mencoba usaha makanan atau warung sayur. Karena dua jenis usaha ini selalu dibutuhkan orang setiap harinya.

Jualan apa di rumah yang Laris?

Jualan yang laris bisa dipengaruhi faktor keunikan. Semakin unik barang atau jasa yang kamu jual, maka bisa dipastikan tingkat kelarisan usahamu sangat tinggi jika dibandingkan dengan para pesaing.

Usaha apa yang bagus di 2022?

Banyak sekali usaha yang bagus di tahun 2022 ini. Tapi kembali lagi, kamu tidak boleh silau dengan hasil pencapaian orang lain. Sebaliknya, kamu harus bisa memiliki gayamu sendiri dalam bidang usaha.

Baiklah, sepertinya cukup sampai di sini dulu pembahasan kami soal macam-macam usaha rumahan yang menjanjikan yang tidak pernah mati. Kami harap artikel ini bisa mendorong kamu agar termotivasi untuk menjadi wirausaha di kemudian hari. Simak informasi jenis-jenis usaha rumahan yang menjanjikan lainnya hanya di Beritafintech.com.

Check Also

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing Rekomendasi Kami

Ide Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing 2023

beritafintech.com – Kunci peluang usaha sebenarnya terletak pada cara kita untuk melihat setiap potensi yang ada. Peluang …

%site% | NEWS