Asuransi Mobil Sinarmas, Berikut Keunggulan dan Alasan Memilihnya

Asuransi Mobil Sinarmas, Berikut Keunggulan dan Alasan Memilihnya

beritafintech.com – Disadari atau tidak, memiliki asuransi mobil dapat memberikan banyak manfaat bagi pemilik kendaraan. Salah satu asuransi mobil yang terkenal adalah asuransi mobil Sinarmas. Berikut adalah keunggulan dan alasan kenapa Anda harus memilihnya.

Saat berkendara di jalan raya, berbagai kemungkinan bisa terjadi. Untuk memberikan perlindungan dan garansi selama berkendara, penting bagi pemilik kendaraan untuk memiliki asuransi.

Dengan cara ini Anda akan memberikan perlindungan sekaligus jaminan jika terjadi sesuatu saat berkendara seperti kerusakan atau kecelakaan. Saat ini, ada banyak pilihan asuransi kendaraan mulai dari sepeda motor hingga mobil. Salah satunya adalah produk asuransi Sinar Mas.

Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan perlindungan bagi kendaraan dari risiko kerusakan mulai dari kerusakan kecil, sedang dan besar. Untuk lebih jelasnya tentang pengalaman klaim asuransi mobil sinarmas lihat ulasan lengkap kami di bawah ini;

Tentang Asuransi Mobil Sinarmas

PT Asuransi Sinarmas adalah perusahaan asuransi yang berdiri sejak tahun 1985. Asuransi Sinarmas merupakan salah satu perusahaan asuransi yang inovatif dengan berbagai produk dan layanan asuransi unggulan yang terus berkembang.

Untuk pengembangan bisnis dan layanan, PT Asuransi Sinarmas juga bekerja sama dengan perusahaan internasional seperti Munich, Swiss, Hanover dan banyak lainnya. Ada banyak penawaran produk asuransi yang ditawarkan, salah satunya adalah Asuransi Sinarmas Auto.

Asuransi Sinarmas atau ASM adalah perusahaan asuransi dari Sinar Mas Group. Perusahaan ini menawarkan berbagai program asuransi, salah satunya perlindungan mobil atau kendaraan.

Asuransi ini memberikan pertanggungan penuh atas polis yang dipilih dengan jangka waktu pertanggungan mulai dari satu bulan hingga satu tahun. Jenis asuransi ini menawarkan dua pilihan produk, yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO.

Jenis-jenis Asuransi Mobil Sinarmas

Untuk memberikan perlindungan terbaik bagi pemilik kendaraan, PT Asuransi Sinarmas menawarkan dua jenis asuransi mobil Sinarmas yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Dua jenis asuransi mobil adalah asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO. Jenis asuransi ini telah menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta hingga Cirebon. Lalu apa perbedaan dari kedua jenis asuransi mobil ini? Berikut ulasannya.

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil all risk adalah asuransi yang melindungi mobil dari segala risiko, sehingga sering disebut asuransi komprehensif.

Jenis asuransi ini memberikan perlindungan bagi kendaraan dari segala jenis kerusakan mulai dari kerusakan ringan dan sedang hingga kerusakan berat.

Tidak hanya itu, Asuransi All Risk Kendaraan Sinarmas juga memberikan santunan atas kehilangan kendaraan, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Jenis asuransi ini sangat ideal bagi Anda yang memiliki mobil mewah karena mengurangi risiko kerugian jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Asuransi Mobil TLO

Asuransi mobil Sinarmas TLO (Total Loss Only) adalah jenis asuransi yang memberikan penggantian kerugian total. Maksud dari kerugian total ini adalah lebih dari 75% kerusakan atau kehilangan kendaraan karena pencurian atau penyitaan.

Artinya jika kerusakan kendaraan kurang dari 75%, Anda tidak dapat melakukan klaim pada asuransi Mobil Sinarmas ini. Kriteria 75% ini adalah mobil sudah tidak bisa digunakan lagi. Jenis asuransi ini pasti menawarkan premi yang lebih murah dibandingkan dengan semua jenis asuransi mobil.

Daftar Produk dan Polis Asuransi Mobil Sinarmas

Asuransi ini menawarkan dua produk dengan polis dan manfaat berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Persentase asuransi kendaraan terhadap risiko dan TLO ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah dengan rincian sebagai berikut:

Wilayah I    : Sumatera dan kepulauan sekitarnya

Wilayah II    : Jakarta, Banten, dan Jawa Barat

Wilayah III    : Semua daerah di Indonesia yang tidak termasuk di wilayah I dan II.

Berikut daftar produk dan polis asuransi mobil Sinarmas:

Simas Mobil All Risk & Comprehensive

All Risks and Comprehensive Car Insurance merupakan salah satu produk asuransi kendaraan Sinarmas yang memberikan perlindungan penuh atas polis asuransi pilihan nasabah. Setiap polis yang ditawarkan oleh Sinarmas Mobil menjamin tanggung jawab pihak ketiga (TPL).

Lihat premi asuransi kendaraan dari Sinarmas:

Kategori I <Rp 125 juta = 3.82%-4.20%, 3.26%-3.59%, 2,53%-2,78%

Kategori II >Rp 125 juta – Rp 200 juta = 2.67%-2.94%, 2,47%-2.72%

Kategori II >Rp 200 juta – Rp 400 juta = 2.18%-2.40%, 2.08%-2.29%

Kategori IV >Rp 400 juta – Rp 800 juta = 1.20%-1.32%, 1.14%-1.25%

Kategori V >Rp 800 juta = 1.05%-1.16%

Simas Mobil TLO

Simas Mobil TLO memberikan jaminan ganti rugi atas risiko kehilangan kendaraan atau kerusakan kendaraan sebesar lebih dari 75%.

Setiap polis asuransi kendaraan bermotor yang ditawarkan oleh Sinarmas TLO memberikan jaminan Tanggung Jawab Pihak Ketiga (TPL). Premi asuransi mobil TLO paling murah dibandingkan dengan premi all risk.

Manfaat Asuransi Mobil Sinarmas

Daftar asuransi ini menawarkan manfaat yang berbeda baik untuk asuransi mobil risiko maupun asuransi mobil jenis TLO dari Sinarmas. Berikut daftar manfaat asuransi all auto risk dan TLO dari PT Asuransi Sinarmas:

Manfaat Asuransi Mobil All Risk

  • Manfaat dari asuransi risiko mobil meliputi:
  • Ganti rugi untuk semua risiko kerugian, baik kerusakan sedang maupun total
  • Mengambil risiko tabrakan, benturan, terbalik, dan tergelincir dari jalan
  • Mempertaruhkan kesalahan orang lain
  • Anda menanggung risiko pencurian, termasuk pencurian dengan kekerasan
  • Menanggung risiko kebakaran dan petir
  • Risiko kecelakaan saat menyeberangi feri
  • Lifting fee pertanggungan hingga 0,5% dari total tertanggung

Klaim garansi untuk ganti rugi dari pihak ketiga atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang diakibatkan langsung dari kendaraan yang diasuransikan di bawah asuransi

Manfaat pertanggungan Asuransi Mobil Sinarmas TLO

Manfaat asuransi mobil Sinarmas TLO antara lain:

  • Ganti rugi atas risiko kerugian total atau nilai kerugian lebih dari 75% dari harga mobil
  • Mengambil risiko tabrakan, benturan, terbalik, dan tergelincir dari jalan
  • Mempertaruhkan kesalahan orang lain
  • Anda menanggung risiko pencurian, termasuk pencurian dengan kekerasan
  • Menanggung risiko kebakaran dan petir
  • Risiko kecelakaan saat menyeberangi feri
  • Cakupan biaya derek hingga maksimum 0,5% dari jumlah deposit

Menjamin kerusakan dan kerugian yang diakibatkan oleh suatu peristiwa yang ditanggung oleh polis dimana biaya perbaikan, penggantian atau pemulihan ke kondisi semula segera sebelum terjadinya pencurian atau kerusakan.

Syarat Mengajukan Asuransi Mobil Sinarmas

Setiap pelanggan berhak mendapatkan klaim asuransi mobil Sinarmas atas kendaraan yang diasuransikan. Namun, untuk mendapatkan berbagai manfaat dari asuransi ini, Anda perlu mengetahui berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan polis, yaitu:

  • Fotokopi KTP/SIM/KITAS
  • Salinan STNK
  • Dokumen yang menunjukkan jenis perlindungan yang dipilih seperti yang diminta oleh perusahaan asuransi
  • Isi formulir pendaftaran

Cara Beli Asuransi Mobil Sinarmas

Untuk membeli asuransi ini, Anda bisa melakukannya secara offline atau online. Anda bisa menghubungi agen asuransi mobil Anda di Sinarmas Jakarta atau datang langsung ke kantor agen terdekat di kota Anda.

Namun jika ingin lebih mudah, Anda bisa membeli asuransi sinarmas secara online melalui situs koperasi. Sebelum membeli asuransi, pastikan untuk memilih jenis produk dan polis yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Membayar Premi Asuransi Mobil Sinarmas

Cara membayar premi asuransi mobil Sinarmas bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu opsi utama adalah melalui Bank Sinarmas. Bagi nasabah yang tidak memiliki buku rekening di Sinarmas, dapat melakukan pembayaran langsung di teller bank.

Selain itu, untuk memudahkan nasabah, ada beberapa metode pembayaran berbeda yang dapat dipilih untuk membayar premi asuransi, seperti:

  • Pembayaran melalui ATM Bank Sinarmas
  • Pembayaran melalui ATM anggota jaringan ATM PRIMA dan ATM Bersama menggunakan kartu ATM Bank Sinarmas
  • Melalui Internet Banking
  • Transaksi melalui bank lain
  • Transaksi melalui teller bank lain
  • Pembayaran tunai melalui cabang Bank Sinarmas

Cara Cek Polis Asuransi Mobil Sinarmas

Sebelum datang ke bengkel mitra, ada baiknya klien memeriksa status polis mereka. Anda bisa mengecek status polis asuransi mobil Anda dari Sinarmas melalui website resmi perusahaan.

Untuk mengeceknya anda bisa klik menu Service kemudian klik pada bagian Check Policy Status. Selain itu, untuk mengecek status dokumen, ada beberapa informasi yang harus Anda isi, yaitu:

  • Masukkan nomor dokumen
  • Masukkan Nomor SUM / Nomor Garansi

*Informasi: Nomor SUM tercantum di bawah tanda tangan atau nomor polis

Cara Klaim Asuransi Mobil Sinarmas

Cara klaim asuransi mobil dari PT Asuransi Sinarmas tergantung dari jenis polis yang dipilih nasabah. Berikut penjelasan lengkap cara klaim asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO terbaik:

Cara Klaim All Risk untuk Kecelakaan

Cara klaim asuransi mobil all risk dari Sinarmas Accident antara lain:

  • Lampirkan dokumen yang diperlukan seperti Formulir Klaim, STNK, Surat Izin Mengemudi, KTP Asli, Polis Asuransi, Tanda Terima Laporan (STPL) dari Polisi
  • Surveyor akan datang untuk mengecek kondisi kendaraan yang akan diklaim
  • Tunggu Surat Perintah Kerja (SPK) keluar agar kendaraan bisa diperbaiki di bengkel rekanan kami

Cara Klaim untuk Kerusakan Parah (TLO)

Cara klaim asuransi mobil Sinarmas TLO untuk kecelakaan serius, antara lain:

  • Melengkapi dokumen yang dipersyaratkan seperti BPKB, STNK, STNK surat larangan, kunci kendaraan asli dan cadangan, buku KIR, kuitansi bermaterai, surat pernyataan pembubaran dan surat pelepasan hak kendaraan perusahaan
  • Formulir klaim yang sudah diisi lengkap
  • KTP asli jika nama pelapor pada formulir klaim bukan nama tertanggung
  • Jika polis asuransi atas nama perusahaan, formulir harus dilengkapi dengan stempel perusahaan
  • STPL dari kantor polisi
  • Siapkan faktur asli

Cara Klaim Kecelakaan (Partial Loss) Polis Simas Mobil Exclusive

Cara klaim kerugian sebagian dari Sinarmas, Asuransi Mobil Eksklusif Simas Mobil antara lain:

  • Menyiapkan Identitas Tertanggung (KTP/SIM) untuk pegawai penanggung jawab perusahaan
  • Isi formulir klaim dengan benar
  • Laporan dari kepolisian setempat (jika ada unsur kejahatan)

Cara Klaim TPL Polis Simas Mobil Exclusive

Cara klaim asuransi eksklusif TPL Simas Mobil antara lain:

  • Menyiapkan identitas pihak ketiga (korban) seperti KTP atau SIM
  • Surat Izin Mengemudi harus dilampirkan pada klaim jika kerugian pihak ketiga terkait dengan kendaraan
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga
  • Laporkan polisi setempat jika perlu

Cara Klaim TLO polis Simas Mobil Exclusive

Cara klaim asuransi mobil eksklusif dari Sinarmas TLO Simas Mobil antara lain:

  • Siapkan STNK dan BPKB asli yang wajib dilampirkan pada dokumen klaim
  • Surat keterangan kecelakaan dari kepolisian
  • kunci asli dan cadangan
  • Kwitansi kosong bermaterai 6000 ditandatangani oleh tertanggung
  • ID Tertanggung (SIM dan STNK)

Biaya Klaim Asuransi Mobil Sinarmas

PT Asuransi Sinarmas mengenakan biaya klaim untuk semua jenis produk yang ditawarkan, baik asuransi kesehatan Sinarmas maupun asuransi kendaraan seperti ini.

Biaya klaim asuransi mobil Sinarmas adalah risiko minimum untuk klaim parsial loss, CTL dan loss. Untuk asuransi itu sendiri akan dikenakan biaya klaim kerugian sebagian sebesar Rp 200.000 per kejadian, klaim CTL dan 5% nilai penggantian klaim kerugian.

Cara Berhenti Berlangganan Asuransi Mobil Sinarmas

Bagi Anda yang ingin berhenti menjadi nasabah asuransi mobil Sinarmas dapat menghubungi kantor pusat, kantor cabang atau kantor pemasaran terdekat. Biasanya dalam prosesnya, ada formulir yang harus diisi pelanggan secara online melalui website atau aplikasi.

Setelah Anda mengisi formulir, unduh formulir lalu siapkan STNK dan bukti pembayaran premi. Kemudian, perusahaan asuransi Sinarmas akan menghubungi Anda melalui telepon atau email untuk mengkonfirmasi keinginan pelanggan untuk keluar dari asuransi.

Jika ingin lebih nyaman, lebih baik berhenti menjadi pelanggan setelah masa lockout berakhir atau setelah satu tahun. Dengan begitu, proses penutupan polis akan lebih mudah.

Keunggulan Asuransi Mobil Sinarmas

Keunggulannya antara lain:

  • Bisa digunakan untuk kendaraan dinas maupun pribadi
  • Dengan dukungan bengkel mitra asuransi mobil BCA Sinarmas yang tersebar di berbagai daerah
  • Fasilitas derek

Pengumpulan dan pengajuan klaim

  • Hotline 24 jam setiap hari
  • Sistem klaim cepat berdasarkan pengalaman mengklaim

Dapatkan SimasCard untuk semua jenis asuransi yang ditawarkan oleh Sinarmas yang menawarkan diskon khusus di banyak outlet yang bekerja sama di seluruh Indonesia

Kekurangan Asuransi Mobil Sinarmas

Ada juga kekurangannya seperti:

  • Proses Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor Lama
  • Pemberian santunan atau pengembalian asuransi kendaraan kepada Sinarmas tidak sebanding dengan nilai kerugiannya

Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Sinarmas

Untuk memudahkan pelanggan yang ingin mengajukan klaim kerusakan kendaraan, asuransi mobil ini memiliki beberapa bengkel rekanan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Berikut adalah daftar mitra workshop yang dapat Anda kunjungi di seluruh Indonesia:

Daftar Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Sinarmas di DKI Jakarta

Bengkel rekanan Sinarmas di DKI Jakarta antara lain:

  • Layanan Prima, Jl Jelambar Barat III No 12A, Jakarta Barat (021) 5665930/31
  • CV Auto Prima Makmur, Jalan Raya Srengseng No.133 Jakarta Barat 021 58900800/5844229
  • Karyakita Putra Sejahtera, PT KIA PLAZA Jalan Gunung Sahari Ancol no.17 Jakarta Pusat 021 6253378
  • PT Gema Mitra Abadi, Jalan Tanjung Barat Raya no 143B Jakarta Selatan 021 78834081
  • PT Jakarta Teknologi Utama Motor, Jalan Rawabali I No. 25 Pulogadung, Jakarta Timur 021 46826242
  • Raperid Motor, Jalan Kalimalang Blok Q No.2E Jakarta Timur 021 864256

Daftar Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Sinarmas di Jawa Barat

Bengkel rekanan Sinarmas di Jawa Barat antara lain:

  • Otto Cemerlang, Jalan Kol. Supadio No.30 Bandung, 021 6075838
  • Virtue Bandung, Jalan Wastukencana No. 39 RT 001/004, 022 423424
  • Star Auto, Jalan Holis No. 433 Bandung 021 5414402/022 5416962
  • Shine Auto, Jalan RA Kartini no.18 Rawa Panjang, Bekasi Barat 021 82425396
  • PT Brayat Kretya Andaru, Jalan KH.Soleh Iskandar RT 001/001 Kota Bogor, 0251-7544373

Daftar Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Sinarmas di Jawa Tengah

Bengkel rekanan Sinarmas di Jawa Tengah antara lain:

  • Auto Fix-Sentosa Motor Service Jalan Majapahit 129B Semarang 024 6710720
  • Bintang Utama, Jalan Wolter Monginsidi no.45 Semarang 024-6710415
  • Oto Onderdil, Jalan Raya Kaligawe KM.6 Semarang 024-6581668
  • Utama Sakti, Jalan Durian Raya NO.17A Banyumanik 024-7477425
  • Tejo Motor, Jalan Pedurungan Kidul NO.82 Semarang, 024-6711001

Daftar Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Sinarmas di Jawa Timur

Bengkel rekanan Sinarmas di Jawa Timur antara lain:

  • Top Mobil, Jalan Supersemar No.12 Kediri, 0354-7011099
  • Mahkota Otomotif Body Repair, Jalan Sersan Suharmaji VII/34 Kediri, 0354-697411
  • Ngebrak Motor,Jalan  Raya Kediri Kertosono Kediri, 0354-697081
  • Surya Indah Singonegaran Timur II No.25 Kediri 0354-601294
  • Klinik Mobil GSM, Jalan Raya Purwokerto no.352 Ngadiluwih Kediri 0354-476907
  • Jakarta Teknologi Utama, Jalan Raya Waru No.82, Waru Sidorajo 031-8531616
  • Bahtera Motors Jalan Dukuh Kupang Utara I Surabaya 031-5614603
  • Kharisma Gemilang, Jalan Raya Sepat Lidah Kulon no.200 Menganti Surabaya 031-7526919

Call Center Asuransi Mobil Sinarmas

Selain dapat dilakukan secara langsung di kantor pusat atau cabang, dapat juga dilakukan pengecekan polis terlebih dahulu atau mengajukan klaim ganti rugi melalui layanan call center PT Asuransi Sinarmas. Berikut adalah daftar call center asuransi yang dapat Anda hubungi:

  • Plaza Simas, Gedung 3 Jl. KH Fachrudin no.18 Jakarta 10250, Indonesia
  • Telp (021) 390 2141 / 021 5050 7888 (hari kerja) dan 021 2356 7888 (24 hour customer care)
  • Faks. 021 3901552 / 3901561
  • Email : [email protected]

Bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, sangat penting untuk melindungi mobil Anda dengan mendaftar di asuransi mobil, baik itu asuransi mobil ini atau produk lainnya.

Dengan begitu, Anda akan lebih tenang dan nyaman jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan atau kehilangan kendaraan karena Anda akan mendapatkan ganti rugi dari asuransi.

Meski menawarkan berbagai keuntungan, pastikan memilih jenis produk asuransi mobil Sinarmas yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak kecewa.

Pasalnya, setiap jenis produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dengan biaya premium yang berbeda. Untuk perlindungan diri yang maksimal, tidak ada salahnya membekali diri dengan Asuransi Sinarmas Jiwa yang menawarkan perlindungan menyeluruh. Anda dapat menemukan informasi tentang produk asuransi dengan berbagai premi di beritafintech.com.

Check Also

Fintech Payment

Fintech Payment

Beritafintech.com– Fintech Payment :Selamat datang dalam eksplorasi kami mengenai “Fintech Payment,” sebuah fenomena yang merajai …

%site% | NEWS