15 Contoh Usaha di Daerah Sepi yang Menguntungkan

15 Contoh Usaha di Daerah Sepi yang Menguntungkan

beritafintech.com – Pernah gak sih Anda berpikir, kalau usaha di daerah sepi itu susah untungnya dan hanya bisa menghasilkan keuntungan yang tidak seberapa? Kalau memang pernah, maka wajar saja. Terlebih jika Anda sendiri belum pernah mencobanya. Untuk menjawab kegelisahan itu, kami akan membagikan daftar usaha yang bisa Anda coba.

Zaman sudah semakin canggih. Berjualan di tempat sepi bukan berarti tidak ada pembeli. Sekarang Anda bisa melakukan penjualan di mana saja, termasuk di media sosial. Anda juga bisa langsung mendatangi pembeli dan melakukan penawaran dengan cara tradisional.

Dengan begitu, lokasi bisnis yang sepi bukan lagi hal yang perlu ditakuti. Kecuali jika Anda adalah bisnis warung makan atau bisnis yang membutuhkan keramaian.

Rekomendasi Usaha di Daerah Sepi

Benarkah bisnis di daerah terpencil tidak menguntungkan? Pikirkan lagi, karena dalam praktiknya tidak selalu demikian. Ada banyak bisnis dari rumah hingga bisnis besar seperti pabrik di pedesaan yang menghasilkan banyak uang.

Apakah Anda tidak yakin bisnis mana yang harus dimulai? Berikut 15 usaha di daerah sepi yang bisa mendatangkan banyak keuntungan sehingga cocok untuk dijalankan meski di daerah pedesaan.

Ternak Sapi

Peternakan sapi membutuhkan lahan yang luas, karena tidak mungkin dilakukan di lahan yang sempit karena ukuran sapi itu sendiri yang besar. Oleh karena itu, sangat tepat untuk memelihara sapi di daerah yang sepi, terutama di daerah pedesaan.

Kondisi rumput pedesaan yang masih bersih dan segar cocok untuk pakan ternak. Tergantung pada pilihan yang Anda rasa lebih baik, Anda dapat memilih untuk memelihara sapi perah atau sapi potong. Untuk sapi perah, komoditi utamanya adalah susu atau olahan makanan serta minuman yang bahan dasarnya adalah susu.

Susu merupakan minuman yang paling direkomendasikan untuk kesehatan setiap hari. Jangan takut kehilangan konsumen, karena banyak orang membutuhkan susu sapi, terutama anak-anak selama masa pertumbuhannya. Susu dapat dijual langsung ke pasar, restoran atau rumah.

Jika Anda memelihara sapi potong, Anda bisa menjualnya di pasar atau restoran. Saat Idul Fitri atau Adha tiba, penjualan akan meledak karena sebagian besar masyarakat mengonsumsi daging sapi sebagai menu spesial.

Ternak Ayam

Peluang usaha di daerah sepi yang kedua adalah menjadi peternak unggas. Baik ayam kampung maupun petelur, beternak ayam membutuhkan lahan yang luas jauh dari pemukiman. Daerah yang tenang termasuk pedesaan merupakan lokasi yang sangat strategis untuk beternak ayam.

Ada dua pertimbangan. Luas tanah, udara masih bersih dan tentunya ada beberapa rumah. Kementerian Pertanian telah mengumumkan batas ideal antara kandang ayam dan pemukiman penduduk lebih dari 1.000 meter.

Daerah peternakan bisa sepi, tapi pemasaran tetap sebaiknya dilakukan di pusat kota. Anda dapat menemukan pembeli potensial seperti restoran pinggir jalan atau restoran yang mewah. Jika ingin menjual lebih cepat, Anda bisa menjual langsung ke pasar tradisional.

Budidaya Lele

Rekomendasi usaha di tempat sepi selanjutnya adalah ternak lele. Budidaya ikan lele membutuhkan kolam besar yaitu minimal sekitar 1 meter untuk satu kolam. Namun, Anda tidak bisa hanya memiliki satu kolam karena kolam lele harus disesuaikan dengan umur bibit.

Semakin besar bibit, semakin baik mereka perlu dipindahkan ke kolam yang lebih besar. Sangat cocok jika Anda memulai bisnis Anda di daerah yang tenang karena membutuhkan lahan yang luas. Anda dapat melakukannya di halaman belakang rumah Anda, yang banyak orang tidak melihatnya.

TRENDING  Ide Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing 2023

Saat panen tiba, jangan takut kekurangan pembeli. Banyak warung pecel lele yang membutuhkan penjaja. Berikan harga khusus lapak ini untuk bersaing dengan vendor lain agar bisa datang kembali kepada Anda.

Ternak Kambing

Siapa yang suka bau kambing? Tentu saja tidak ada. Tapi siapa yang bisa menolak jika membicarakan kelezatan dagingnya? Karena masalah ini, masuk akal untuk mengubah peternakan kambing menjadi bisnis di daerah terpencil. Kambing baunya amis, tapi banyak pecinta kuliner lebih memilih sate kambing atau gulai kambing.

Dengan banyaknya peminat, tak heran jika peternak kambing laris manis, terutama saat Idul Adha. Daging kambing bisa dijual di warung sate, warung gulai, dan restoran mewah. Namun jika Anda menginginkan sesuatu yang pasti laku, Anda bisa menjualnya ke pasar tradisional.

Kurban kambing juga merupakan salah satu syarat dari suatu upacara keagamaan, yaitu aqiqah. Jadi meski tempat Anda menernak kambing sepi, yakinlah bahwa akan selalu ada pembeli. Biaya pemeliharaan yang dikeluarkan lebih murah dibandingkan ternak sapi.

Budidaya Jamur Tiram

Jamur tiram merupakan produk yang cocok dibudidayakan di daerah tropis seperti Indonesia. Budidaya jamur tiram tidak harus dilakukan di tempat ramai atau di pusat kota, bisa dilakukan di desa yang tenang dan luas yang udaranya bersih dan sejuk, jauh dari hiruk pikuk asap kendaraan.

Sebelum Anda mulai menanam jamur tiram, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan rumah atau istilahnya kumbung. Kumbung terbuat dari kayu dan memiliki kemampuan untuk melindungi bibit jamur dari hujan dan menjaga suhu ruangan.

Saat musim panen, mereka bisa dijual di pasar atau restoran vegetarian. Karena jamur sangat baik untuk orang yang mengikuti program diet.

Usaha Kerajinan Khas

Peluang usaha di tempat sepi selanjutnya adalah menjual kerajinan khas. Misalnya, Anda bisa menjual kerajinan tangan yang terbuat dari kayu, anyaman dari bambu atau rajutan pada umumnya. Tidak perlu lokasi bisnis di pusat kota atau di tengah keramaian, Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini di daerah yang sepi.

Yang harus dan menjadi penting adalah cara Anda memasarkannya. Biasanya kerajinan ini dibuat di pedesaan, tetapi dijual di toko-toko umum di pusat kota atau tempat tujuan wisata. Kalau mau lebih canggih, jual online. Karena pasar digital sekarang lebih menguntungkan daripada pasar tradisional.

Jika Anda terjun ke dunia online, tentu banyak orang dari berbagai daerah akan mengetahui kerajinan tangan tersebut. Apalagi jika Anda orang yang pintar mempromosikan sesuatu.

Industri Makanan Khas

Setiap daerah memiliki jajanan tersendiri, seperti bakpia khas Jogja atau keripik tempe khas Purwokerto. Sebagian besar industri makanan khas dilakukan di daerah yang tenang jauh dari pusat kota. Namun, meskipun proses produksi berlangsung di daerah yang sepi, strategi pemasarannya tetap berada di pusat kota atau destinasi wisata.

Anda juga bisa berjualan online di Instagram atau melalui marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak. Ketika Anda sudah dapat menentukan jenis makanan apa yang paling banyak diminati, maka secara tidak langsung Anda sudah punya bekal lebih ke depannya.

Bertani Tanaman Organik

Apakah Anda tinggal di kota yang tenang jauh dari pemukiman? Gunakan saja untuk bercocok tanam. Jika Anda menanam padi, Anda mungkin membutuhkan lahan yang luas. Cobalah menanam tanaman organik. Saat ini tanaman organik sedang digandrungi banyak orang.

Dengan alasan tidak terkontaminasi bahan kimia, banyak orang yang menganggap tanaman organik lebih sehat untuk dikonsumsi. Tanaman ini bisa dijual di pasar, supermarket, atau diantar langsung sesuai pesanan masyarakat. Tanaman organik sendiri adalah usaha jangka panjang di desa, apalagi bagi Anda yang menyukai dunia tanaman.

Usaha Tahu dan Tempe

Industri tahu dan tempe merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Makanan yang berasal dari biji kedelai ini sudah menjadi makanan pokok dan favorit masyarakat, serta harganya yang relatif terjangkau dan murah. Mengingat permintaan pasar yang besar, industri tahu dan tempe cocok untuk penggunaan bisnis di daerah yang sepi.

TRENDING  Ransel Terbaik 2023 Rekomendasi Kami

Pembuangan limbah yang juga cukup menuntut, sehingga membuatnya masuk akal untuk memindahkan industri ini dari daerah yang sepi. Jadi, apakah Anda berminat membuka usaha rumahan yang tidak ada matinya ini?

Toko Sembako

Sebuah usaha yang dibutuhkan orang setiap hari di daerah terpencil yang ramai dengan pembeli adalah toko kelontong. Hal ini karena kebutuhan pokok merupakan bahan utama yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, termasuk beras dan telur. Jadi jika Anda menjual beras, tidak mungkin tidak ada yang akan membelinya.

Membuka toko kecil menggunakan halaman rumah Anda adalah pilihan yang tepat di tempat yang sepi. Untuk modal, Anda hanya perlu merombak halaman-halaman yang penuh dengan etalase dan mengisinya dengan kebutuhan pokok yang bisa Anda dapatkan dari pasar.

Pertamini

Berbeda dengan jenis usaha lainnya, usaha Pertamini sebenarnya bisa lebih menguntungkan jika berada di daerah yang sepi. Semakin jauh dari pusat keramaian, semakin banyak orang yang membutuhkan. Usahakan tempatkan Pertamini pada jalur strategis yang sama dengan tempat-tempat yang sering dikunjungi banyak wisatawan.

Atau, meskipun Anda berada di lokasi yang sibuk, jarak antar SPBU bisa menjadi peluang untuk memulai bisnis. Namun jangan lupa untuk mendaftarkan lisensi pengecer BBM Anda untuk memulai bisnis Pertamini yang sah.

Jasa Membersihkan Rumah

Berada di daerah terpencil tidak berarti menghalangi peluang untuk melanjutkan bisnis. Umumnya, daerah terpencil sibuk dengan pekerjaan, sehingga tidak punya waktu untuk bersosialisasi atau membersihkan rumah. Di situlah peluang terbuka.

Hanya dengan menyediakan layanan pembersihan rumah, Anda sudah mendapatkan satu peluang baru dalam usaha. Anda juga dapat menyediakan layanan lain seperti menjaga anak atau mengantar, membersihkan taman atau perawatan hewan peliharaan. Tunggu apa lagi? Yuk segera eksekusi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini.

Jasa Bimbingan Belajar

Di masa pandemi yang tidak dapat diprediksi ini, anak-anak masih harus belajar di rumah, dan banyak ibu rumah tangga menghadapi beban dan stres merawat anak-anak mereka dan di rumah. Di situlah letak peluang yang tidak boleh Anda lewatkan dan memulai usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

Anda bisa mulai dengan menawarkan layanan yang menemani anak sekolah online saat mereka mengerjakan pekerjaan rumah. Kami juga menawarkan layanan lain, seperti anak Anda belajar beberapa pelajaran khusus di sekolah online yang tidak mereka miliki di lain waktu.

Laundry

Selain di perumahan, peluang bisnis laundry mulai merambah di kampung atau desa. Banyak orang membutuhkan layanan ini karena mereka terlalu sibuk. Ini terutama berlaku bagi mereka yang tidak memiliki pembantu rumah tangga. Salah satu rahasia untuk menarik pembeli adalah layanan pengiriman.

Namun ketika bisnis laundry Anda berkembang, pikirkan lagi untuk menyewa jasa kurir. Karena bukan tidak mungkin orderan yang Anda terima akan membludak dan menyita waktu. Usaha yang menjanjikan ini layak Anda tekuni jika Anda sudah merasa yakin menemukan potensi pasarnya ya gaes.

Jasa Cuci Mobil

Sangat mudah untuk membeli mobil akhir-akhir ini, jadi ini merupakan keuntungan bagi mereka yang mencari peluang usaha yang selalu ramai. Apalagi jika Anda merasa sedang berada di luar Jakarta seperti Bogor, Depok, Bekasi.

Banyak orang bekerja dari Senin hingga Jumat ke Jakarta. Banyak orang yang lelah dengan pekerjaan dan kemacetan ibukota dan ingin berlibur. Mereka akan mencari layanan cuci mobil sebelum berangkat liburan.

Selain layanan cuci mobil, Anda juga dapat menyediakan minuman dingin untuk pelanggan yang mencuci kendaraannya di tempat Anda. Karena kabarnya, bahwa menjual air minum bisa menghasilkan banyak uang gaes.

Tips Sukses Buka Usaha di Daerah Sepi

Sambil mempelajari jenis bisnis apa yang ingin Anda jalankan, Anda juga dapat mempelajari beberapa tips dan rahasia untuk membantu bisnis Anda menarik pembeli, bahkan jika Anda berada di daerah terpencil. Yuk simak apa saja tips sukses buka usaha di daerah perkampungan.

Jeli dalam Menentukan Harga Jual

Meski selisihnya hanya 1.000 koin perak, ada banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk membeli barang yang sama dan membeli penjual lain yang lebih murah. Sekalipun penjualnya jauh, dia rela menempuh jarak itu untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga murah.

TRENDING  Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Pasti Cuan!

Sebagai seorang wirausahawan, Anda perlu berhati-hati dalam memikirkan kebiasaan dan pola pikir masyarakat setempat. Jika toko tersebut menjadi terkenal di lingkungan sekitar karena ada banyak barang, Anda bisa mendapat untung meski sedikit.

Keuntungan kecil itu akan menumpuk dan menjadi keuntungan besar, bukan? Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencari reseller yang menawarkan produk yang lebih murah.

Cermat Melihat Peluang dan Potensi Kebutuhan Sekitar

Ada pepatah yang mengatakan bahwa jika Anda tidak tahu, Anda tidak mencintai. Dalam dunia bisnis, pepatah tidak tahu harus maka bisa jadi usaha Anda tidak akan laku. Intinya, sebagai seorang wirausahawan, sebelum memulai bisnis, Anda harus terlebih dahulu memahami lingkungan di sekitar bisnis Anda.

Apa yang dibutuhkan penduduk setempat adalah peluang bisnis Anda. Jangan menjual apa pun yang tidak benar-benar dibutuhkan kepada penduduk setempat. Jadi kemungkinan penjualannya kecil.

Jika Anda ingin mempresentasikan sebuah inovasi, Anda bisa memulainya dengan mengikuti survei. Untuk membuka gerai makanan Korea, berikan kuesioner seperti “Apakah mereka tertarik dengan makanan Korea?”

Jangan Pelit dengan Promo

Siapa yang tidak suka dengan promo? Sebagai manajer bisnis, Anda juga akan sangat senang menerima diskon dari agen atau distributor Anda. Ada banyak promosi yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Misalnya diskon hingga 75%, gratis satu produk untuk pelanggan yang membeli produk senilai Rp. 5 juta.

Atau, ada diskon khusus untuk yang bisa berbelanja di toko bersama 2-3 teman lainnya. Lakukan promosi secara berkala dengan berbagai hadiah yang bervariasi tergantung periodenya.

Jangan Lupa Update Barang-barang Baru

Salah satu hal yang perlu Anda pelajari saat memulai bisnis adalah mempelajari tren yang sedang terjadi di pasar. Selalu tawarkan produk atau layanan yang sedang tren di komunitas Anda. Jika Anda mengikuti tren, Anda akan menjadi toko yang semakin dicari pelanggan.

Memaksimalkan Pelayanan kepada Pelanggan

Banyak pengusaha melupakan satu hal ini. Ini hal terkecil, tetapi kesan pertama yang diterima pelanggan saat mereka masuk ke toko atau bisnis adalah yang paling dan selalu mereka ingat . Ada banyak bentuk pelayanan maksimal yang bisa Anda berikan kepada pelanggan.

Di antaranya memiliki sikap yang baik saat berhadapan dengan pelanggan, menawarkan dengan potongan harga, serta kebersihan dan kenyamanan tempat berbelanja jika ada toko fisik.

Tips Marketing Usaha di Daerah Sepi

Mengoptimalkan teknologi dan penggunaan internet Anda adalah salah satu hal penting dan esensial yang harus Anda pelajari dalam dunia pemasaran. Jangan biarkan rencana penjualan Anda ketinggalan zaman. Jangan buang-buang waktu mencetak dan mendistribusikan brosur.

Anda dapat menggunakan Internet untuk mempromosikan produk dan layanan di media sosial. Selain itu, jika Anda dapat membuat produk atau layanan yang Anda tawarkan menjadi viral di media sosial. Penting untuk merekrut tim pemasaran yang dapat Anda percayai di bidang Anda.

Ada banyak social media freelancer atau designer yang bisa Anda gunakan. Tidak perlu mencari pekerjaan penuh waktu di dua bidang ini. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan freelancer yang dibayar sesuai anggaran Anda tetapi tetap memiliki hasil berkualitas tinggi.

Jika Anda memutuskan untuk mengelola media sosial bisnis Anda sendiri, langkah selanjutnya adalah mengikuti tren yang berkembang di media sosial. Juga, jangan menjual hanya di satu tempat media sosial atau pasar. Jika Anda bisa berjualan di semua platform, mengapa hanya menggunakan satu platform?

Bahkan, banyak pengusaha online yang menjual produknya di aplikasi Tik Tok. Untuk itu perlu mengikuti tren, termasuk aplikasi media sosial yang digandrungi masyarakat. Ya sampai sini dulu ulasan kami tentang contoh usaha kecil-kecilan di rumah yang tetap laku meski berada di tempat sepi ya gaes.

Check Also

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Pasti Cuan!

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Pasti Cuan!

beritafintech.com – Pernahkah kamu berpikir untuk memulai usaha rumahan modal 50 ribu yang pasti cuan? …

%site% | NEWS