Meningkatkan Literasi Keuangan Sejak Dini via Kecil-Kecil Jago Finansial

Meningkatkan Literasi Keuangan Sejak Dini via Kecil-Kecil Jago Finansial

Jakarta: Allianz Indonesia secara konsisten menggelar kegiatan seminar literasi finansial untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia, dan sebagai usaha mendukung perkembangan industri keuangan di Tanah Air. Peningkatan literasi dan inklusi menjadi penting karena berkaitan dengan tingkat kesejahteraan.

Salah satu yang baru-baru ini kembali diselenggarakan oleh Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli dan bekerja sama dengan Orbit Future Academy adalah kegiatan seminar literasi finansial dengan tema ‘Kecil-kecil Jago Finansial‘ untuk anak-anak sekolah dasar di SDN 01 Pagi Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli terus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat, sesuai dengan lingkup program CSR Allianz Indonesia di bawah pilar pendidikan,” ujar Ketua Yayasan Allianz Peduli Ni Made Daryanti, dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu, 1 Februari 2023.
Ia menambahkan Allianz Indonesia menyelenggarakan berbagai kegiatan literasi keuangan untuk berbagai kalangan masyarakat, termasuk anak-anak sekolah. Allianz Indonesia memahami setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan dan pengetahuan, terutama mengenai keuangan dan perlindungan asuransi dengan cara yang menyenangkan.

“Dengan demikian, anak-anak akan memperoleh bekal untuk dapat mengatur keuangan yang baik dan stabil di masa depan,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, turut hadir Head of Research IPMI International Business School Dety Nurfadilah sebagai pembicara dan 155 siswa kelas 5 dan kelas 6 SD dengan rentang usia 10 hingga 12 tahun sebagai peserta. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini berupa pengenalan dan fungsi uang, mengenal sumber uang, dan cara pencatatan pengeluaran dan pemasukan uang.

TRENDING  Botol Air Terbaik 2023 Rekomendasi Kami

Materi-materi tersebut merupakan upaya agar anak-anak sekolah dasar di SDN 01 Pagi Kebon Melati dapat mengembangkan Good Money Habit and Skills, yang juga merupakan salah satu upaya edukasi yang secara konsisten dipaparkan oleh Allianz Indonesia.

Dengan memberikan materi pembelajaran melalui permainan, tambahnya, anak-anak terlihat sangat antusiasme dan senang akan pemaparan edukasi mengenai cara mengelola keuangan. Anak-anak sekolah dasar tersebut belajar untuk mengatur keuangan mulai dari menentukan prioritas kebutuhan, mencatat pengeluaran, menabung, dan menyisihkan uang untuk sedekah.

“Oleh karena itu, pengetahuan dan pemahaman literasi keuangan dapat dimengerti dengan mudah oleh anak-anak sejak dini,” sebut Dety Nurfadilah, sebagai pemilik sertifikasi Islamic Financial Planner (IFP) dan seorang content creator yang berbagi edukasi finansial dan memberikan pemaparan literasi finansial kepada anak-anak SD di SDN 01 Pagi Kebon Melati.

Dengan memberikan pengenalan terhadap pengetahuan keuangan sejak dini, anak-anak akan dapat terbiasa dalam mengelola uang dengan baik dan benar. Pengetahuan cara mengatur, memantau, mengendalikan pengeluaran uang, dan memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan, anak-anak tersebut akan dapat memiliki perencanaan keuangan yang bijak.

“Dan dapat berkontribusi dalam perkembangan ekonomi Indonesia di masa depan,” pungkasnya.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Beritafintech.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ABD)

Meningkatkan literasi keuangan sejak usia dini adalah hal penting untuk membekali generasi mendatang agar mampu mengelola keuangan dengan baik. Program “Kecil-Kecil Jago Finansial” dirancang untuk memberikan pemahaman dasar tentang pengelolaan keuangan kepada anak-anak sejak dini. Dengan memahami konsep-konsep dasar seperti tabungan, investasi, dan pengeluaran, anak-anak dapat menjadi lebih aware tentang pentingnya merencanakan keuangan mereka di masa depan. Melalui program ini, diharapkan anak-anak dapat membangun sikap yang bijaksana dalam mengelola keuangan dan menjadi generasi yang lebih mandiri secara finansial. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk ikut serta mendukung peningkatan literasi keuangan anak-anak sejak dini.

Check Also

Cek Lagi Daftar 102 Pinjol Legal Terbaru 2023 dari OJK

Cek Lagi Daftar 102 Pinjol Legal Terbaru 2023 dari OJK

ILUSTRASI. Praktek pinjol ramai ditemukan karena menawarkan kemudahan dalam meminjam dana secara cepat. Beritafintech.com – JAKARTA. …

%site% | NEWS