Investasi Untuk Pemula, Cara Memulai Investasi

Investasi Untuk Pemula, Cara Memulai Investasi

beritafintech.com – Apakah Anda berpikir untuk berinvestasi untuk pertama kalinya? Panduan kami memandu Anda melalui cara terbaik untuk mulai berinvestasi – termasuk cara menginvestasikan uang, tempat membeli saham dan dana, dan seberapa besar risiko yang dapat Anda ambil. Berikut cara investasi untuk pemula yang mudah.

Atau, jika Anda tahu apa yang Anda cari, lihat panduan lengkap kami yang lain tentang saham, standar internasional untuk saham, uang, dan perdagangan saham.

Tidak Ada Jaminan saat Berinvestasi

Berinvestasi masih jauh dari menaruh uang Anda di rekening bank tempat Anda mendapatkan bunga. Berinvestasi adalah perjudian: Alih-alih mengamankan pengembalian yang dijamin, Anda mempertaruhkan uang Anda. Ini berarti uang Anda bisa naik atau turun nilainya.

Berinvestasi Adalah Perjudian

Anda mempertaruhkan uang Anda. Segala bentuk investasi pada dasarnya adalah pertaruhan. Meskipun Anda bisa menang kecil atau menang besar, Anda bisa kalah kecil atau kalah besar – dan berakhir dengan tangan kosong.

Jadi sangat berbeda dengan rekening tabungan di mana Anda bisa mendapatkan kembali lebih sedikit dari yang Anda masukkan, atau bahkan kehilangan semuanya. Bagi kebanyakan orang, berinvestasi berarti memasukkan uang ke pasar saham

Ada banyak cara yang dapat Anda pilih untuk berinvestasi, dari yang paling umum (saham, obligasi, dana, obligasi pemerintah/pemerintah, pasar properti Inggris) hingga yang paling eksotis (tanah pertanian, mobil antik, anggur, seni, perusahaan teknologi baru).

Panduan ini adalah yang pertama dan utama tentang berinvestasi di pasar saham karena sering kali merupakan pengalaman pertama orang dalam berinvestasi – membeli saham di satu atau lebih perusahaan dengan tujuan menghasilkan keuntungan.

Padahal konsep pasar saham dapat membangkitkan citra para pialang muda yang meneriakkan “Beli! Jual!”

Dengan kepala di tangan mereka satu menit dan tinju memompa berikutnya, realitas investasi jangka panjang cenderung sangat biasa – pilih beberapa saham atau dana, awasi mereka dan cairkan saat Anda membutuhkannya.

Ini bukan aksi bersemangat, glamor atau adrenalin tinggi yang Anda lihat di film-film Hollywood di mana kekayaan dibuat dan hilang dalam hitungan menit – terima kasih Tuhan.

Bagi sebagian besar orang, ini adalah tentang memelihara sikap yang wajar dan tenang terhadap pasar saham dalam upaya menghasilkan pengembalian investasi yang baik yang dapat mengatasi penurunan dan ledakan besar-besaran.

Pasar saham seperti supermarket tempat Anda dapat membeli atau menjual saham

Saham hanyalah unit yang dibagi dari nilai perusahaan. Misalnya, jika perusahaan bernilai £100 juta, dan ada 50 juta saham, maka setiap lembar saham bernilai £2 (biasanya terdaftar sebagai 200 pence).

Perusahaan menerbitkan saham untuk mengumpulkan uang, seringkali untuk pertumbuhan, dan investor (yaitu Anda) membeli saham di perusahaan karena mereka yakin perusahaan akan berhasil dan ingin ‘berpartisipasi’ dalam kesuksesannya.

Kemudian mereka memiliki sebagian kecil dari perusahaan itu dan menjadi “pemegang saham”. Saham termasuk dalam “indeks” dan yang terbesar di Inggris adalah FTSE 100 – 100 perusahaan terbesar.

Setiap pembelian dan penjualan saham dilakukan melalui bursa saham – London Stock Exchange (LSE) adalah bursa saham utama di Inggris.

Di sini, mereka yang menjual (perusahaan itu sendiri atau pemegang saham yang ada) terkait dengan mereka yang ingin membeli (investor individu atau profesional seperti penyedia pensiun atau manajer dana) di mana harga dan kuantitas dapat disepakati.

Mengapa Harga Saham Perusahaan Naik Turun?

Harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan dari pembeli dan penjual potensial pada waktu tertentu – permintaan yang lebih tinggi akan meningkatkan biaya (permintaan yang rendah akan melakukan sebaliknya).

Permintaan ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti hasil keuangan (jika sebuah perusahaan menggandakan pertumbuhannya dalam setahun dan prospeknya terlihat cerah, harganya kemungkinan akan naik), kesehatan ekonomi Inggris dan apa yang disebut “sentimen”, yaitu jika pembeli di kota percaya bahwa perusahaan Anda akan berjuang, dan harganya bisa turun.

Meskipun kadang-kadang dikaitkan dengan beberapa hal luar biasa – pesepakbola Cristiano Ronaldo telah terkenal karena mengurangi miliaran pound dari nilai Coca-Cola dengan lebih memilih air daripada air pada konferensi pers.

Saham dapat Membayar Dividen Juga

Ada dua cara untuk menghasilkan uang dari investasi. Salah satunya adalah ketika nilai saham meningkat antara membeli dan menjual, dan yang lainnya adalah ketika mereka membayar dividen.

Ini agak mirip dengan bunga pada rekening tabungan. Jika perusahaan mendapat untung, mereka mengembalikan sebagiannya kepada Anda – bisa secara teratur atau satu kali.

Dan sama seperti Anda memiliki tunjangan tabungan pribadi untuk bunga tabungan, Anda juga memiliki tunjangan dividen untuk setiap tahun pajak di mana £2.000 pertama yang Anda terima dapat dikurangkan dari pajak. Lihat panduan tarif pajak kami untuk informasi lengkap.

Bagaimana Sebuah Perusahaan Terdaftar di Bursa?

Agar perusahaan dapat membuat sahamnya tersedia bagi siapa saja untuk dibeli, ia harus go public — untuk menjadi perusahaan publik.

Ini melibatkan penunjukan seorang penasihat – biasanya bank investasi – untuk menyiapkan apa yang disebut “dokumen penerimaan”.

Ini menjelaskan mengapa perusahaan ingin membuat daftar, tujuan ekspansi, dan strategi jangka panjangnya. Setelah tingkat minat dari pendukung ditentukan, harga saham awal disepakati, dan perdagangan dapat dimulai.

Anda dapat menghasilkan uang, tetapi Anda juga dapat kehilangan semuanya – tidak ada jaminan

Dengan tingkat tabungan yang berada di level rendah secara historis, insentif untuk mencari pengembalian yang baik di tempat lain menjadi kuat. Sebagian besar investor berpengalaman akan bertanya, “Pertumbuhan seperti apa yang dapat saya harapkan dari investasi?”

Alasan sebenarnya kebanyakan orang memutuskan untuk menaruh uang mereka di pasar saham. Tapi ini tentu saja pertanyaan yang mustahil. Kami, dan tidak ada orang lain, dapat memberi tahu Anda apa yang akan Anda dapatkan (jangan percaya siapa pun yang mengatakan mereka tahu – mereka berbohong).

Dalam jangka panjang, saham dan saham secara historis mengungguli uang di rekening tabungan. Namun, tingkat pengembalian efektif tergantung pada banyak faktor termasuk (namun tidak terbatas pada) pilihan saham atau uang yang Anda simpan dalam portofolio Anda, lamanya waktu Anda memegangnya, jumlah total biaya dan pengeluaran yang akan Anda bayarkan, dan – akhirnya – Bagaimana cara kerja pasar?

Namun, pada dasarnya ada dua jenis angka yang perlu Anda perhitungkan – harga yang Anda beli dan harga yang Anda jual. Perbedaannya, dikurangi biaya apa pun, adalah untung atau rugi Anda. Ingatlah bahwa berinvestasi itu berisiko dan uang yang Anda masukkan bisa turun nilainya.

Sejujurnya, Anda bisa kehilangan segalanya. Ada alasan mengapa Anda harus melihat pernyataan di bawah ini di situs investasi – Anda tidak menjamin bahwa investasi Anda akan bagus.

Kinerja masa lalu bukanlah indikasi kesuksesan masa depan

Tidak ada cara untuk memprediksi masa depan, sehingga sebagian besar investor melihat ke masa lalu untuk melihat apa yang diharapkan. Tapi ini dengan sendirinya membawa risiko yang jelas.

Bahkan perusahaan dengan kinerja yang stabil di pasar saham dapat dengan cepat mendapat masalah. Anda hanya perlu melihat dampak dari pandemi virus corona atau krisis kredit 2007/8 untuk melihat bagaimana hal-hal yang tiba-tiba bisa berubah.

Menurut situs investasi Vanquard, tingkat pengembalian tahunan rata-rata FTSE untuk semua saham adalah 9,9% antara 1988 dan 2018. Namun, rata-rata ini menutupi pengembalian tahunan +35% (pada 1998) dan -30% (pada 2011). , bahkan pengembalian rata-rata bisa menipu.

Untuk alasan ini, investasi harus dipertimbangkan sebagai pilihan jangka panjang. Sebagai aturan umum, lima tahun biasanya memberikan waktu yang cukup untuk mengatasi hambatan di pasar yang dapat menyebabkan Anda kehilangan uang. Tapi selalu ambil tingkat pengembalian yang diharapkan dengan sedikit garam.

Memilih Investasi yang Tepat

Hanya Anda yang dapat memutuskan apakah investasi tersebut tepat untuk Anda. Berinvestasi atau tidak berinvestasi, itulah pertanyaannya. Namun, ini adalah panggilan yang sangat pribadi, karena hanya Anda yang tahu kesediaan Anda untuk mengambil risiko .

Kami tidak dapat memberi tahu Anda apakah investasi itu tepat untuk Anda. Tetapi jika Anda akan melakukannya, dan Anda yakin bahwa Anda mungkin kehilangan jumlah yang Anda investasikan, berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diingat.

Anda seharusnya tidak pernah berinvestasi lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangan. Banyak orang berpikir bahwa Anda membutuhkan banyak uang untuk dapat berinvestasi di pasar saham – Anda tidak melakukannya, dan banyak investor kecil yang ‘meneteskan’ jumlah kecil secara teratur dapat melakukan jauh lebih baik daripada ini. yang hanya membuang sejumlah besar ke pasar.

Sebagai aturan umum, Anda tidak boleh berinvestasi lebih dari yang Anda mampu untuk kehilangan. Ini karena jika terjadi keruntuhan pasar saham, Anda bisa menghadapi kehilangan sebagian besar kekayaan Anda jika Anda memiliki banyak uang yang diinvestasikan.

Juga, seperti yang kami katakan di atas, banyak penasihat keuangan menyarankan untuk berinvestasi setidaknya selama lima tahun untuk mengatasi rintangan pasar apa pun. Jadi, jika Anda tahu Anda perlu mengakses uang Anda saat ini, investasi mungkin bukan jalan yang tepat untuk Anda.

Banyak pengelola dana mengizinkan Anda untuk menginvestasikan jumlah bulanan yang kecil dan teratur – katakanlah, £25 per bulan – yang akan membantu mengumpulkan jumlah yang lebih besar dari waktu ke waktu, serta lebih mudah dikelola untuk uang Anda.

Meskipun jika Anda telah membangun sarang telur dan bosan dengan tingkat tabungan yang rendah, menaruh sebagian besar (Anda tidak perlu mengandalkannya untuk biaya hidup dan bisa kalah) di pasar saham mungkin merupakan cara yang layak untuk mencoba untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Jika Anda memutuskan berinvestasi tidak tepat untuk Anda, atau untuk jumlah berapa pun yang tidak Anda investasikan, lihat panduan kami untuk Rekening Tabungan Terbaik dan Standar Tinjauan Moneter Internasional Terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan nilai tukar terbaik.

Perhatikan uang Anda dengan jujur ​​dan baik – jangan berinvestasi jika Anda berhutang. Jika Anda berjuang untuk mengikuti pembayaran kartu kredit, misalnya, atau Anda telah mengambil hipotek yang mahal dan memiliki sedikit tabungan, inilah saatnya untuk mundur dan berpikir lagi — berjudi di pasar saham bisa berdampak buruk bagi keuangan Anda. kesehatan.

Ini mungkin tampak seperti pekerjaan rumah tangga biasa, tetapi iming-iming keuntungan cepat di pasar saham dapat mencegah banyak orang melihat betapa buruknya situasi keuangan mereka secara keseluruhan.

Jika demikian, jauh lebih baik Anda mencoba melunasi hutang pribadi Anda daripada mengalihkan risiko membuatnya jauh lebih buruk. Lihat panduan dan alat terkait utang untuk membantu Anda mengelola utang.

Berhati-hatilah Jika Seseorang Memberi Anda Saran

Jika seorang teman menyarankan tip untuk keterlibatan pub, atau anggota keluarga atau teman menyarankan Anda “membayar sedikit uang” untuk saham atau dana yang saat ini penting – dalam jargon industri – “matikan”, Anda mungkin sebaiknya melakukannya berpikir dua kali kecuali Anda memiliki uang cadangan Anda mampu untuk kehilangan.

Cara Memulai Investasi Saham

Jika Anda telah membaca semua peringatan di atas dan memutuskan bahwa investasi tersebut tepat untuk Anda, kami akan memandu Anda melalui cara termurah untuk memulai. Jadi, jika Anda akan melakukan itu, dan Anda yakin Anda berpotensi kehilangan jumlah yang Anda investasikan, berikut adalah beberapa aturan dasar yang perlu diingat.

Selalu Ingat Aturan Emas Berinvestasi

  •     Semakin tinggi pengembalian yang Anda inginkan, semakin tinggi risiko yang biasanya harus Anda terima.
  •     Jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang. Cobalah untuk melakukan diversifikasi sebanyak mungkin untuk mengurangi eksposur Anda terhadap risiko, yaitu berinvestasi di berbagai perusahaan, industri, dan wilayah.
  •     Jika Anda menabung dalam jangka pendek, adalah bijaksana untuk tidak mengambil risiko terlalu banyak. Sebuah investasi minimal lima tahun dianjurkan. Jika Anda tidak bisa, seringkali yang terbaik adalah menjauh dari investasi dan meninggalkan uang Anda di rekening tabungan.
  •     Tinjau portofolio Anda. Partisipasi mungkin tidak ada gunanya atau Anda mungkin tidak mau mengambil risiko sebanyak yang Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda tidak meninjau portofolio Anda secara teratur, Anda bisa berakhir dengan akun berbagi yang kehilangan uang.
  •     Jangan panik. Investasi bisa turun bisa juga naik. Jangan tertarik untuk membeli atau menjual saham hanya karena orang lain melakukannya.

Uang biasanya merupakan tempat yang baik bagi pemula untuk memulai. Ketika memilih tempat untuk menginvestasikan uang Anda, Anda memiliki tiga opsi utama – pilih sendiri saham individu, pilih reksa dana dengan sekelompok saham yang dipilih oleh orang lain, atau keduanya.

Dana adalah tempat banyak investor mengumpulkan uang mereka untuk berinvestasi di banyak saham yang berbeda. Dana hanyalah cara lain untuk membeli saham – tetapi alih-alih membeli sepotong perusahaan secara langsung, Anda memberikan uang Anda kepada manajer khusus yang menggabungkannya dengan uang dari investor lain (seperti Anda) untuk pergi dan membeli banyak pekerjaan. Saham di pasar saham.

Setiap dana terdiri dari ‘modul’, jadi jika Anda ingin berinvestasi, Anda harus membeli unit – unit ini memiliki biaya yang bervariasi dari hari ke hari.

Nilai setiap unit akan naik atau turun (atau tetap sama, tentu saja) tergantung pada permintaan pasar untuk dana tersebut. Misalkan Anda ingin menginvestasikan £1.000 dalam dana; Jika setiap unit kotak berharga £2, Anda dapat membeli 500 unit.

Enam bulan kemudian, jika setiap unit sekarang bernilai £2,50, investasi Anda bernilai £1250. Uang dapat diinvestasikan di hampir semua hal – negara, energi, emas, minyak, dan bahkan utang.

Semua dana memiliki tema – mulai dari geografi (Eropa, Jepang, pasar negara berkembang), industri (perusahaan hijau, perusahaan utilitas, bisnis industri), jenis investasi (saham, obligasi korporasi, obligasi emas), hingga ukuran perusahaan.

Apa yang Anda pilih akan tergantung pada sikap Anda terhadap risiko. Misalkan dana tersebut berfokus pada “perusahaan biotek yang baru lahir di pasar negara berkembang,” semua elemen memiliki tingkat ketidakpastian yang tinggi.

Jadi jika semuanya berjalan dengan baik, Anda mungkin sedang menuju keuntungan besar, tetapi jika semuanya berjalan buruk, akan ada kerugian besar.

Atau, bisa jadi FTSE 100 tracker, di mana dana tersebut hanya diinvestasikan di 100 perusahaan terbesar di Inggris dan karena itu lebih mainstream. Di sini, sementara masih ada fluktuasi yang signifikan, fluktuasi cenderung lebih kecil.

Investasi di Platform

Cara termurah untuk berinvestasi saham adalah melalui situs web, yang sering disebut platform. Cara termudah dan termurah untuk berinvestasi adalah melalui platform online, yang memungkinkan Anda membeli saham dan/atau dana.

Ini sebenarnya adalah proses dua tahap. Pertama, Anda harus memilih platform tempat Anda ingin membeli saham atau uang Anda dan kemudian Anda perlu memutuskan investasi mana yang akan dibeli.

Setelah Anda memiliki akun, cukup cari saham yang ingin Anda beli dan pilih jumlah atau nilainya – mana pun yang Anda pilih, Anda harus memiliki cukup dana di akun transaksi Anda untuk menutupi biaya ini dan semua biaya perdagangan.

Terima kutipan yang Anda buat dan saham tersebut kemudian akan muncul di akun Anda dengan platform pilihan Anda (akun Anda dan saham di dalamnya sering disebut sebagai portofolio Anda).

Platform Online Terbaik Rekomendasi Kami

Sebagai aturan umum, Anda akan dikenakan biaya untuk menggunakan platform dan membeli investasi – biaya platform dibebankan melalui platform yang Anda pilih, dan perusahaan yang membeli saham atas nama Anda atau mengelola dana akan menagih Anda untuk layanannya.

Oleh karena itu, kombinasi dari dua faktor harus dipertimbangkan. Platform pilihan kami bervariasi berdasarkan jenis investasi yang Anda lihat. 

Check Also

Fintech Payment

Fintech Payment

Beritafintech.com– Fintech Payment :Selamat datang dalam eksplorasi kami mengenai “Fintech Payment,” sebuah fenomena yang merajai …

%site% | NEWS