hidup tanpa kerja dengan deposito
hidup tanpa kerja dengan deposito

Hidup Tanpa Kerja dengan Bunga Deposito, Emang Bisa?

Beritafintech.com – Belakangan ini sedang ramai perbincangan tentang hidup tanpa bekerja hanya dengan bermodalkan bunga dari deposito yang kita miliki. Pertanyaannya, emang bisa?

Ternyata ini sangat memungkinkan bila Anda memahami strategi 3T dalam pengelolaan atau investasi berbentuk Deposito ini.

Strategi Agar Bisa Hidup Tanpa Kerja Cukup dengan Deposito

hidup tanpa kerja dengan deposito
hidup tanpa kerja dengan deposito

Sebagaimana pendapat Felicia Putri Tjiasaka, seorang Youtuber keuangan, ada langkah 3T yang bisa membuat transaksi deposito menjadi aman, yaitu:

1. Tercatat Pada Pembukuan Bank

Ketika seorang nasabah menyimpan uang dalam bentuk deposito, maka transaksi ini akan tercatat dalam pembukuan bank. Bila suatu hari Anda mengalami permasalahan, maka dari pembukuan inilah bank akan mengambil data riwayat deposito Anda.

Bayangkan bila ternyata bank tidak terpercaya? Simpanan Anda tidak jelas adanya. Ketika Anda merasa menyetorkan uang, namun ternyata uang tersebut tidak tercatat karena penipuan oleh oknum bankir. Tentu ini adalah hal krusial yang perlu Anda pikirkan matang-matang. Yakni pilihlah bank yang bagus dan terpercaya.

2. Tingkat Suku Bunga Tidak Boleh Lebih Dari Jaminan LPS

LPS adalah singkatan dari Lembaga Penjamin Simpanan. Sebuah lembaga yang memiliki tugas menjamin keuangan nasabah perbankan Indonesia. Dengan kehadiran LPS, maka uang nasabah yang ia investasikan dalam bentuk deposito bisa terhindar dari risiko hilang.

Lembaga ini memiliki pertanggungjawaban langsung kepada presiden Republik Indonesia. Sedangkan tingkat suku bunga bank yang dijamin oleh LPS untuk bank umum sebesar 4,25 %, sedangkan BPR mencapai 6,75%.

TRENDING  Tipe Perusahaan StartUp Berdasarkan Level Valuasinya

3. Tidak Melakukan Tindakan yang Merugikan Bank

Bentuk-bentuk tindakan yang bisa dianggap merugikan untuk bank yaitu saat nasabah mengambil depositonya sebelum jatuh tempo. Ini bisa membuatnya mengalami pinalti dan tentunya bunga bank tidak akan diberikan.

Selanjutnya yang perlu Anda pahami juga adalah tentang deposito itu sendiri yang memang memiliki aturan main. Anda tidak bisa mengambil sesuka hati, ada masa-masanya. Dan bila Anda mencairkan deposito sebelum waktunya dalam jumlah besar, bank terkadang mempersulitnya.

Cara Hidup Tanpa Kerja Hanya Dengan Deposito Bank Secara Umum

Pada dasarnya risiko untuk menyimpan uang dalam bentuk deposito tidaklah besar selama masih ada jaminan dari LPS. Anda pun harus melihat ke dalam persentase bunganya. Jika bank menawarkan jumlah bunga melebihi yang jadi acuan LPS, maka bila suatu saat bank tersebut terjadi apa-apa, hingga dana nasabah hilang, maka LPS tidak akan mengganti rugi.

Jadi Anda harus paham dulu tentang jenis-jenis deposito sebelum membayangkan tentang hidup tanpa kerja hanya dari bunga deposito. Setidaknya secara umum berdasarkan banknya ada dua tipe deposito, yakni: deposito melalui bank swasta atau melalui bank pengkreditan rakyat.

Untuk bisa hidup dari bunga deposito, berikut beberapa langkah bisa Anda lakukan.

1. Hitung Biaya Hidup yang Anda Perlukan

Sebelum mulai bermimpi hidup tanpa kerja dengan bunga deposito, pertama-tama hitung dulu biaya hidup yang Anda perlukan untuk bisa mencapai kemandirian ekonomi walaupun Anda telah pensiun.

Bisa dengan membuat kalkulasi pengeluaran rutin bulanan. Sehingga bisa mengukur apakah deposito akan membantu ekonomi ke depan atau tidak. Jumlah bunga deposito banyaknya tergantung dari modal awal yang Anda investasikan untuk menguncinya sesuai dengan tenor.

2. Hitung Jumlah Modal untuk Deposito

Kemudian hitunglah jumlah modal Anda berapa sehingga nantinya bisa tahu mau investasi berapa rupiah supaya deposito ini menguntungkan. Pastikan Anda tidak kehabisan uang cash saat menentukan nominal deposito.

TRENDING  Branding atau Franchise? Ini Tipe Usaha yang Cocok untuk Pemula

Oleh karena uang yang sudah masuk ke dalam deposito ini tidak bisa Anda tarik sesuka hati. Bahkan saat Anda sudah selesai masa tenornya, ada aturan tentang pengambilan uang deposito sehingga tidak kena pinalti dan bank masih membayarkan bunganya. Biasanya bunga ini mereka bayarkan langsung setahun sekali.

3. Hitung Bunga Deposito dan Kapasitasnya untuk Biaya Hidup Sehari-Hari

Berapa jumlah bunga deposito hingga kemampuannya untuk biaya hidup sehari-hari Anda? Jika suatu bunga Anda peroleh setahun sekali, maka Anda harus membagi uang return tersebut sebanyak 12 bulan secara seimbang.

Sehingga nantinya tidak ada alasan bahwa uang return deposito ini tidak bisa membuat Anda hidup tanpa kerja lagi. Pembagian harus bisa cukup untuk kebutuhan Anda sehari-hari. Supaya ke depannya Anda tidak kerepotan karena uang cash terbatas.

Memang kesulitan dari menyimpan deposito adalah orang-orang sering tidak tahan untuk hanya memegang uang pas-pasan. Beda dengan pegang uang ATM yang bisa dipergunakan sesuka hati.

Alternatif Menabung Deposito Melalui Bank Digital dan Analisis Risikonya

Sebagai salah satu wujud dari tabungan berjangka, deposito bisa menjadi alternatif untuk menyimpan uang yang aman tanpa rasa was-was. Tidak seperti menabung biasa, bunga deposito lebih besar sehingga pada suatu hari nanti sangat memungkinkan untuk Anda hidup tanpa kerja hanya dengan mengandalkan bunga ini.

Masyarakat sebetulnya sudah sangat diuntungkan dengan mudahnya mendaftar deposito sekarang. Tidak perlu harus datang ke kantor bank swasta maupun BPR. Cukup melalui ponsel maka pendaftaran deposito ini sudah bisa Anda lakukan. Caranya bagaimana? Tentunya dengan membuka rekening deposito melalui bank digital.

Untuk membuka rekeningnya sangat mudah hanya melalui aplikasi yang tersedia di Google Playstore misalnya. Ada banyak bank digital Indonesia yang sudah terbukti aman untuk investasi deposito. Beberapa yang terkenal antara lain:

  • Bank Neo
  • Seabank
  • Blu By BCA Digital
  • Bank Jago
  • Allo Bank
  • Line Bank
  • BTPN (Jenius)
  • TMRW by UOB
TRENDING  Investasi Terbaik dengan Risiko Rendah dan Pengembalian Tinggi

Masing-masing bank digital ini memiliki aturan tersendiri tentang suku bunga. Namun Anda yang mengharapkan hidup tanpa kerja dengan bunga deposito seharusnya bisa memilih bank yang memberikan bunga sesuai aturan LPS.

Tapi tentu saja seluruh bank digital menawarkan bunga lebih besar dari yang dijamin oleh LPS. Inilah yang harus Anda pertimbangkan baik-baik karena imbal hasil besar, risikonya juga besar.

Hidup tanpa kerja hanya mengandalkan bunga deposito, terkadang ini seperti klise. Namun memang sangat mungkin terjadi bila Anda memiliki titik start yang bagus. Artinya modal deposito Anda banyak sehingga return yang Anda peroleh juga besar.

Kesimpulan 

Pertanyaannya kini, adakah orang yang hidup tanpa kerja namun tiba-tiba bisa buka deposito dengan jumlah besar? Ya, pastinya orang yang beruntung semacam ini ada. Namun Anda bisa hitung dengan jari seperti menghitung jumlah orang yang kaya sejak lahir karena memperoleh warisan dari orang tuanya.

Seperti deposito ini bisa Anda wariskan kepada anak cucu kelak. Namun untuk memulai deposito dengan jumlah besar sehingga Anda hidup tanpa kerja lagi, tampaknya ini perlu Anda pikirkan ulang. Kecuali bila Anda memperoleh warisan atau mungkin justru Anda pemilik dari harta warisan tersebut.

Kesimpulannya, hidup tanpa kerja dengan hanya mengandalkan bunga deposito boleh saja silahkan. Hanya Anda harus memiliki uang simpanan yang banyak dulu. Cara memperolehnya tentu tidak mudah, kecuali bila tabungan Anda banyak dan mungkin berasal dari pelimpahan harta atau warisan dari keluarga.

Seperti sifat deposito yang kelak bisa Anda wariskan pula pada anak-cucu. Sehingga hidup mereka terjamin walau memiliki bayang-bayang hidup tanpa kerja lagi.

%site% | NEWS