Usaha Modal 1 Juta di Kampung yang Menguntungkan

Usaha Modal 1 Juta di Kampung yang Menguntungkan

beritafintech.com – Sekarang ini, masih memungkinkan untuk memulai usaha modal 1 juta di kampung, asalkan Anda secara cermat dan profesional memilih jenis bisnis dan target audiens yang tepat. Memang benar hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, kehati-hatian memang sangat diperlukan sebelum memulai usaha.

Kepadatan penduduk semakin memperumit masalah ekonomi negara. Antara pelaku usaha dari usaha kecil hingga besar. Anda tidak harus memiliki modal besar hingga ratusan juta rupiah untuk memulai bisnis. Seringkali anggapan inilah yang membuat banyak orang enggan memulai bisnis dengan modal kecil.

Contoh Usaha Modal 1 Juta di Kampung

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikut, adalah beberapa contoh jenis usaha kecil yang dapat Anda operasikan. Walaupun modal usahanya 500.000 sampai 1 juta, tapi Anda tetap bisa untung jika benar-benar menekuninya. Yuk langsung saja disimak daftar lengkapnya yang kami bagikan di bawah ini.

Content Writer

Tidak ingin repot dengan aktivitas blogging yang menyita waktu? Tidak perlu bingung. Anda masih bisa menghasilkan uang dengan menjadi penulis lepas atau freelancer. Seiring bertambahnya jumlah blogger, permintaan akan artikel berkualitas meningkat. Peluang bisnis menjadi penulis lepas cukup menjanjikan.

Peluang bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak. Anda hanya perlu memahami keterampilan menulis dan SEO. Jadi jika Anda punya bakat di bidang menulis, atau minimal Anda punya ketertarikan dan punya hobi menulis, kami sarankan segera jalankan usaha paling sukses di desa yang satu ini ya gaes.

Menjadi Blogger

Contoh usaha modal 1 juta di kampung yang kedua adalah dengan menjadi blogger. Sebuah blog bukan hanya tempat untuk menulis sebagai hobi. Anda dapat menghasilkan uang dengan blog Anda. Sudah banyak orang yang berhasil menjadi blogger profesional dengan penghasilan ratusan juta rupiah.

Menghasilkan uang dengan blog memang tidak mudah. Membangun sebuah blog membutuhkan proses dan konsistensi. Tapi jika Anda terus mencoba dan belajar, bukan tidak mungkin Anda bisa memonetisasi blog Anda. Rata-rata modal yang dibutuhkan untuk sebuah blog kurang dari Rp 1 juta pertahun.

Biasanya biaya yang ada digunakan untuk hosting lokal dan sewa domain. Jika Anda masih pemula dan belum memiliki modal, jangan khawatir. Platform blogging gratis seperti blogger.com memungkinkan Anda tetap menghasilkan uang dari blogging.

Menjual Pulsa Elektrik

Sekarang hampir semua orang memiliki smartphone. Banyak orang di kota juga menggunakan alat komunikasi praktis ini. Jadi, berjualan pulsa elektrik bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan saat ini. Meski banyak kios dan agen pulsa, penjualan pulsa tetap bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Anda dapat menjual kepada keluarga, tetangga dan teman. Modal awal usaha ini adalah Rp. 500 ribu sampai Rp. 1 juta. Untuk membangun bisnis baru, Anda hanya perlu memilih distributor pulsa yang terpercaya. Anda bisa menjadi agen pulsa online menggunakan aplikasi jual pulsa yang bisa Anda download dari Play Store.

Usaha Dropshipper

Apakah Anda suka mengunggah status atau mengunggah foto menggunakan Instagram, Twitter, atau Facebook? Jika demikian, Anda bisa mencoba jadi dropshipper. Anda dapat menulis status dan mengunggah foto, serta mendapatkan uang.

Keuntungan menjadi seorang dropshipper adalah Anda tidak harus menyimpan inventaris barang dagangan sendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah mempromosikan produk vendor Anda dengan menampilkan produk tersebut di media sosial.

Karena Anda tidak menimbun barang, Anda hanya membutuhkan sedikit modal, selain dari smartphone dan kuota internet Anda. Berapa banyak uang yang akan Anda dapatkan? Tergantung kontrak dengan vendor. Anda dapat menemukan segalanya mulai dari smartphone dan aksesori, mulai dari perabot rumah tangga hingga fashion.

TRENDING  Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Pasti Cuan!

Tetapi jika Anda ingin terlibat dalam bisnis online, kami merekomendasikan penjualan fashion. Selain harganya yang murah, peminatnya juga banyak. Dari anak-anak hingga orang dewasa. Usaha modal 1 juta 2020 ini berpotensi menjadi bisnis yang menjanjikan. Coba saja langsung ya gaes jika sudah ada channel.

Usaha Jualan Kue

Apakah Anda suka membuat berbagai jenis kue? Sebaiknya Anda membuka usaha modal 1 juta di kampung dengan menjual kue buatan sendiri. Anda bisa membuat berbagai jenis kue seperti klepon, donat, kue bolu, siomay pastel dan lainnya.

Pada awalnya, Anda bisa menitipkan 1-3 jenis kue buatan sendiri di beberapa toko atau warung yang mengambil deposit. Periksa kemajuan Anda dan, jika Anda merasa prospeknya bagus, pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak jenis kue untuk membuat penawaran Anda lebih fleksibel.

Anda tidak diharuskan memiliki banyak modal untuk memulai. Tergantung budget Anda secara pribadi karena bisa bervariasi. Bisa mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Bulan-bulan tertentu, seperti Bulan Puasa, Natal dan Tahun Baru, biasanya mengalami peningkatan tajam dalam penjualan kue kering. Anda bisa mencoba bisnis ini pada saat momen-momen itu berlangsung.

Membuat Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan adalah salah satu jenis usaha di desa untuk pemula yang kami rekomendasikan selanjutnya. Jika Anda memiliki jiwa seni yang tinggi, Anda bisa menghasilkan uang dengan membuat kerajinan tangan. Apalagi jika Anda tinggal di daerah tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Anda bisa membuat berbagai macam kerajinan, antara lain oleh-oleh yang terbuat dari tanah liat, oleh-oleh yang terbuat dari keramik, dan perhiasan yang terbuat dari batu. Anda juga bisa membuat kerajinan tangan menggunakan barang bekas seperti kaset CD, botol plastik, tutup botol, dan kain flanel.

Modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak lebih dari Rp 1 juta. Itu tergantung pada jenis kerajinan apa yang ingin Anda buat. Anda dapat melakukan outsourcing pekerjaan ke beberapa toko yang menjual kerajinan, atau Anda dapat membuka toko sendiri untuk memasarkannya.

Menjual Makanan untuk Sarapan

Menjual makanan untuk sarapan adalah bisnis yang menjanjikan dengan modal Rp. 1 juta. Makanan yang bisa Anda jual antara lain bubur, nasi kuning, sop, dan lalapan. Anda juga dapat menjualnya menggunakan situs web. Modal untuk memulai usaha ini sekitar Rp. 500 ribu sampai Rp 1 juta. Dengan asumsi Anda sudah memiliki peralatan dapur lengkap.

Anda bisa mendapatkan sekitar 30-40% keuntungan. Pada tahap awal, tawarkan harga yang relatif rendah untuk pelanggan yang berada di lingkungan tempat Anda tinggal. Tak perlu dikatakan bahwa semakin banyak orang  yang membeli, maka semakin banyak pula keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Menjual Makanan Ringan

Camilan bukan hanya untuk anak-anak. remaja, dewasa. Bahkan orang tua menyukainya. Oleh karena itu, permintaan pasar akan jajanan terus meningkat. Situasi ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka peluang bisnis berjualan jajanan.

Anda bisa membuat makanan ringan seperti keripik pisang, keripik singkong, keripik bayam, rempeyek, dan lainnya. Jika Anda tidak tahu cara membuatnya, baca di Cookpad.com. Untuk modal, mulai dari Rp. 400 ribu ~ Rp. 1 juta tergantung target produksi. Kemas dengan rapi dan beri merek agar orang tertarik untuk membeli produk Anda.

Anda bisa melakukan pemasaran dengan cara menitipkan ke toko atau berjualan online melalui Facebook dan Instagram. Keuntungan dari Snacks adalah 40%-60% dari modal yang dikeluarkan.

Budidaya Ternak

Jika ada lahan yang luas, ada peluang usaha modal 2 juta di desa yang bisa dikembangkan, yaitu dengan beternak  ayam, bebek, lele, gabus dan nila. Usaha peternakan membutuhkan kehati-hatian dan keseriusan dalam mengelolanya. Misalnya budidaya ikan lele dengan menggunakan terpal.

TRENDING  Peluang Usaha di Daerah Pedesaan yang Untung Besar

Modal usaha yang perlu Anda siapkan kurang lebih Rp 1 juta sampai Rp. 2 juta untuk pembelian peralatan. Misal terpal dengan harga : Rp 100.000 x 2 = Rp 200.000, bibit lele Rp 150/ekor x 1000 = Rp 150.000. Sisanya digunakan untuk membeli pakan. Dapat dipanen dalam waktu 3 bulan.

Menjual Makanan Pada Sore Hari

Menjual makanan di sore hari selain pagi hari bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Sepulang kerja, orang malas membuat jajanan untuk relaksasi. Anda bisa menjual dan menggunakan jajanan seperti gorengan, sosis, nugget, dan kue. Membuat mie dan nasi goreng juga patut dicoba.

Modal yang perlu Anda siapkan adalah Rp 200.000 hingga Rp 500.000 jika Anda sudah memiliki peralatan masak di rumah. Sebagian besar digunakan untuk membeli bahan baku seperti tempe, tahu, tepung, sosis, ramen, dan minyak goreng. Keuntungan yang Anda dapatkan bisa sebanyak dua kali lipat dari modal yang Anda keluarkan.

Jasa Pengetikan

Jika Anda tinggal di lingkungan sekolah atau perguruan tinggi, peluang bisnis yang bisa Anda bangun adalah jasa pengetikan. Seperti yang Anda ketahui, banyak anak sekolah dan siswa yang malas mengetik untuk menyelesaikan tugas atau skripsi. Jika Anda sudah memiliki komputer atau laptop, peluang bisnis ini tidak membutuhkan modal apa pun.

Tarif yang dapat Anda tawarkan dapat bervariasi perhalaman atau jumlah kata. Nah jika jasa Anda sudah cukup terkenal, Anda bisa mengembangkannya menjadi tempat percetakan tugas atau fotocopy. Tentu saja Anda harus menambah modal. Kemudian usaha ini bisa berkembang menjadi usaha modal 3 juta di desa yang menguntungkan.

Jasa Penitipan Anak

Sekarang banyak pasangan suami istri yang sama-sama bekerja. Sangat merepotkan jika Anda masih memiliki bayi. Mereka tidak dapat membawa anak-anak mereka ke kantor masing-masing secara bergantian. Faktanya, usaha ini juga semakin banyak dipakai di kampung, sehingga bisa disebut sebagai usaha di daerah sepi sekarang ini.

Akhirnya, mereka harus menyewa seorang pengasuh untuk menjaga anak-anak. Tapi gaji baby sister memang tidak murah. Gaji baby sister yang berpengalaman bisa mencapai Rp 2,8 juta, menurut web pembantu.com. Jadi Anda bisa membuka layanan penitipan anak. Anda dapat menggunakan rumah Anda sendiri untuk memulai bisnis ini.

Budidaya Bibit Tanaman

Seperti halnya peternakan, menanam bibit tanaman juga bisa menjadi peluang bisnis untuk dikembangkan. Bibit yang bisa ditanam misalnya cabai rawit, cabai keriting, cabai merah besar, tomat, terong. Alokasi modal yang harus disiapkan adalah Rp 1 juta. Sebagian dana itu digunakan untuk membeli bibit tanaman, pupuk, dan pot kecil.

Sisanya adalah biaya pengiriman jika pesanan Anda sudah siap untuk diterima. Anda bisa mengembangkannya menjadi usaha modal 5 juta di kampung apabila target pasar Anda sudah ke luar daerah, bahkan mancanegara ya gaes.

Les Bimbel

Apakah Anda memiliki gelar sarjana di bidang pendidikan atau Anda memiliki keterampilan untuk mengajar? Keahlian Anda ini bisa menjadi peluang bisnis untuk membuka les privat untuk siswa SD, SMP dan SMA. Anda dapat mengadakan kelas les privat di rumah Anda sendiri.

Gunakan ruangan yang cukup besar agar terlihat seperti ruang kelas. Kami rasa 1 juta rupiah sudah cukup untuk bisnis ini. Anda menggunakan modal ini untuk membeli peralatan. Biaya les dapat disesuaikan dengan tarif standar di tempat tinggal Anda.

Promosikan bimbingan belajar dengan membagikan brosur di sekitar sekolah atau di dekat tempat yang bagus. Jika tarif yang Anda tawarkan sedikit lebih murah, akan ada banyak orang tua yang mendaftar untuk mengajar anak-anak mereka di rumah Anda.

Bisnis Barang Bekas

Siapa bilang barang bekas tidak berguna? Penjualan barang bekas merupakan peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Anda juga bisa menjual barang-barang pribadi bekas yang masih layak pakai, seperti baju dan tas.

Lebih baik memiliki barang bekas yang masih berharga untuk bisnis Anda daripada meninggalkannya begitu saja di gudang Anda. Bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal sepeser pun, apalagi punya modal investasi 1 juta rupiah.

TRENDING  Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Pasti Untung

Bisnis Katering

Apakah Anda pandai memasak? Tidak semua orang bisa memasak, jadi gunakan keterampilan ini untuk mendapat untung. Menu sehat tersedia untuk paket sarapan, makan siang, dan makan malam. Kamu bisa menawarkan menu yang berbeda setiap harinya agar pembeli tidak bosan. Selain rasa, kebersihan dan pelayanan harus dijaga.

Oleh karena itu pengiriman makanan juga harus tepat waktu sesuai kontrak. Yang perlu Anda ketahui juga, jenis  usaha modal 1 juta di kampung ini sudah menghantarkan banyak orang sukses di bidangnya. Tentunya selain pandai memasak, Anda juga harus punya menu andalan atau semacam resep rahasia agar usaha ini bisa lancar terus.

Kursus Online

Menawarkan kursus online bisa menjadi peluang yang oke banget sekarang ini. Sama halnya seperti toko, kursus sekarang ini sudah dapat diakses secara online.Mereka yang memiliki keahlian khusus mungkin merasa cocok untuk melakukan bisnis ini. Dana yang dibutuhkan tidak besar dan hanya akan digunakan untuk keperluan promosi dan akses internet.

Jasa Fotografi

Anda pasti pernah merasakan bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit dalam bidang jasa foto. Tidak, sebagai seorang freelancer, anggapan itu akan salah jika semua perlengkapan disediakan. Alternatifnya, Anda bisa membeli langsung secara kredit dengan cicilan bulanan.

Layanan ini terutama diperlukan untuk pernikahan, pra-nikah, upacara wisuda dan banyak acara lainnya. Kabar baiknya, Anda juga bisa mengembangakan bisnis ini menjadi usaha fashion modal 1 juta. Sebab, biasanya jasa foto banyak pula yang menyediakan kostum untuk dipakai foto nantinya.

Kunci Sukses Memulai Usaha Modal 1 Jutaan

Bagi Anda yang ingin memulai usaha kecil-kecilan dengan modal 1 juta, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

Menghitung Modal bisnis

Setelah keputusan awal Anda untuk memulai bisnis, hitung dengan cermat apa kebutuhan Anda dan berapa biayanya. Jangan membeli barang yang tidak Anda butuhkan terlebih dahulu untuk menghindari total modal yang terlalu banyak.

Juga, jangan mencampur dana pribadi dan bisnis untuk menghindari kebingungan dalam mengelola keuangan Anda di masa depan.

Fokus

Tips kedua dalam menjalankan bisnis adalah Anda harus fokus mencurahkan tenaga dan pikiran untuk menjalankan bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk memahami kompleksitas bisnis Anda dan apa yang perlu ditingkatkan untuk memperbaikinya.

Terus Berinovasi

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan untuk bertahan dalam bisnis adalah terus berinovasi. Inovasi dibutuhkan tidak hanya oleh perusahaan besar, tetapi juga oleh usaha kecil dan menengah (UKM) dalam prosesnya. Tujuannya adalah untuk menjadi produk yang unik di mata pelanggan agar pelanggan juga tidak cepat bosan.

Pintar Mengelola Uang

Mengelola uang bukanlah tugas yang mudah untuk bisnis, terutama bisnis kecil. Tentu saja, pendapatan awal tidak begitu banyak. Catat semua pemasukan dan pengeluaran dengan baik untuk memudahkan analisis perkembangan bisnis. Bahkan jika Anda memulai bisnis dengan modal kecil, beri diri Anda waktu untuk mengatur dan memeriksa aliran keuangan Anda.

Jangan Terlalu Larut dalam Kegagalan

Tips memulai usaha kecil-kecilan tidak ada kata terlambat dengan kegagalan yang dialami sejak dini. Kegagalan bisnis adalah risiko yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, sebagai seorang wirausahawan, Anda harus memiliki pikiran yang kuat dan tidak berkutat pada kegagalan. Ambil kegagalan sebagai pelajaran dan selalu ingat untuk mengevaluasi.

Gigih

Keberhasilan berwirausaha tidak serta merta datang tanpa ketekunan. Ini bukan pertama kalinya pengusaha menghadapi penolakan atau masalah saat memulai bisnis. Tapi itu bukan alasan untuk menyerah dan keluar dari bisnis.

Kesimpulan

Pada kenyataannya, saat ini banyak ide bisnis yang menjanjikan dengan modal kurang dari 1 juta. Seringkali kita terlalu takut untuk mengambil risiko ketika ingin mencoba sesuatu yang baru. Padahal, setiap bisnis pasti memiliki risikonya masing-masing. Intinya kalau mau sukses jangan takut gagal.

Check Also

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing Rekomendasi Kami

Ide Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing 2023

beritafintech.com – Kunci peluang usaha sebenarnya terletak pada cara kita untuk melihat setiap potensi yang ada. Peluang …

%site% | NEWS