Berikut Cara Mengetahui Pengajuan Kartu Kredit Disetujui

Berikut Cara Mengetahui Pengajuan Kartu Kredit Disetujui

beritafintech.com – Ada beberapa cara mengetahui pengajuan kartu kredit disetujui atau tidak. Hal ini dilakukan oleh semua bank seperti Bank Mandiri, BCA, Bank BNI, CIMB Niaga, Mega, Citibank dll. Biasanya, Bank memberi tahu Anda tentang status aplikasi kartu kredit melalui SMS di nomor yang kamu masukkan saat pengajuan.

Apa yang terjadi jika bank tidak mengirim SMS untuk waktu yang lama? Sebaiknya, tanyakan langsung melalui call center! Dalam kebanyakan kasus, jika tidak ada pemberitahuan setelah satu bulan berlalu, itu berarti pengajuan Anda telah ditolak. Akan tetapi, tidak selalu berarti begitu ya sobat sekalian.

Karena bisa jadi ada alasan lain kenapa pemberitahun pengajuan kartu kreditmu menjadi tertunda. Nah oleh karena itu, kami akan membahas terlebih dahulu ciri-ciri pengajuan kartu kredit kamu disetujui atau tidak.

Ciri-Ciri Kartu Kredit Disetujui

Membuat kartu kredit itu mudah. Namun, bank tidak serta merta menyetujui semua aplikasi kartu kredit. Namun, karakteristik kartu kredit yang disetujui bank tidak diketahui. Caranya adalah dengan mengecek kelengkapan semua persyaratan dasar yang diminta oleh pihak bank.

Pengajuan kartu kredit Anda akan disetujui ketika Anda memenuhi semua persyaratan dasar. Jika Anda ingin pengajuan kartu kredit yang kamu lakukan disetujui oleh bank Anda, ada lima persyaratan dasar yang harus Anda lengkapi.

Punya Penghasilan Tetap

Ciri pertama dari kartu kredit yang disetujui adalah memiliki pendapatan yang stabil. Jika Anda mengajukan permohonan kartu kredit tetapi tidak dapat menjelaskan sumber pendapatan yang stabil, ada kemungkinan permohonan kartu kredit Anda akan ditolak.

Alasannya, bank tidak mau memberikan kredit kepada orang yang tidak punya uang. Saat Anda mengajukan kartu kredit, bank Anda juga akan meminta dokumen dari beberapa sumber pendapatan, seperti slip gaji dan rekening giro. Selain digunakan sebagai dasar untuk menyetujui permohonan kartu kredit Anda, jumlah pendapatan Anda juga digunakan oleh pihak bank untuk menentukan limit kartu kredit Anda.

Minimal Berusia 21 Tahun atau 17 Tahun

Ciri kedua dari kartu kredit yang disetujui adalah memenuhi persyaratan usia. Toppers, perlu Anda ketahui bahwa peraturan perundang-undangan di bidang keuangan membatasi usia pemegang kartu kredit pada usia 21 tahun. Jika Anda sudah berusia 21 tahun, Anda telah memenuhi satu persyaratan utama.

Namun, jika Anda berusia 17 tahun atau lebih, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit tambahan. Apa itu kartu kredit tambahan? Kartu kredit tambahan adalah kartu kredit yang dibuat dari kartu kredit utama Anda.

Misalnya, karena orang tua Anda memiliki kartu kredit yang diterbitkan oleh Bank A, Anda dapat mengajukan permohonan kartu kredit tambahan jika Anda berusia 17 tahun ke atas.

Punya Pekerjaan Tetap

Karakteristik ketiga dari kartu kredit yang disetujui adalah memiliki pekerjaan tetap. Bank tidak hanya akan memeriksa pendapatan, tetapi juga apakah pekerjaan pemohon dapat memastikan kelancaran operasi pembayaran kartu kredit. Umumnya, bank memberi nilai lebih pada pelamar dengan pekerjaan formal.

Selain jenis usaha, bank juga melihat jangka waktu usaha. Jika Anda telah bekerja di posisi Anda saat ini selama lebih dari satu tahun, bank akan memberi Anda nilai lebih. Perusahaan tempat kamu bekerja juga dievaluasi.

Pengajuan kartu kredit dari karyawan yang bekerja untuk perusahaan besar lebih mungkin disetujui daripada karyawan yang bekerja untuk perusahaan yang baru berdiri. Harap dicatat bahwa gaji minimum untuk aplikasi kartu kredit yang disetujui adalah Rp 3.000.000/bulan.

Memiliki Riwayat Kredit yang Positif

Ciri selanjutnya dari kartu kredit yang disetujui adalah riwayat kredit yang positif. Sebagaimana diketahui, bank dapat melacak riwayat kreditnya melalui Sistem Bank Indonesia dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Jika riwayat kredit Anda positif, bank Anda kemungkinan besar akan menerima aplikasi Anda.

Namun, bank tidak akan menerima pengajuan kartu kredit Anda jika Anda yakin memiliki masalah kredit, seperti pinjaman yang terlambat.

Dokumen Lengkap Sesuai Syarat

Atribut terakhir dari kartu kredit yang disetujui adalah persyaratan dokumennya. Sesuai dengan persyaratan, pengajuan kartu kredit Anda kemungkinan besar akan disetujui jika Anda memenuhi kelengkapan dokumentasi. Salah satu persyaratan dokumen penting adalah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

NPWP memungkinkan bank untuk memverifikasi bahwa pemohon kartu kredit adalah warga negara pembayar pajak. Dokumen yang Anda butuhkan adalah:

  • Fotokopi KTP/Paspor/SIM
  • Bukti pendapatan
  • NPWP
  • Lisensi profesional atau surat Izin profesi
  • Fotokopi buku tabungan.

Apakah Anda sudah memahami ciri-ciri agar pengajuan kredit Anda bisa disetujui? Harap tinjau hal-hal di atas sebelum mengajukan permohonan kartu kredit. Oke selanjtunya kita masuk ke pembahasan inti, yaitu cara mengetahui pengajuan kartu kredit disetujui atau tidaknya oleh bank. Seperti ini penjelasan lengkapnya.

Mengetahui Status Pengajuan Kartu Kredit dengan SMS Konfirmasi

Untuk memverifikasi status aplikasi kartu kredit Anda, bank penerbit akan mengirimkan pemberitahuan SMS kepada Anda dalam waktu 14 hari kerja setelah pengajuan. Bank hanya mengirimkan SMS jika pengajuan kartu kredit Anda telah disetujui. Jika kartu kredit Anda tidak disetujui, bank tidak akan memberi tahu Anda apa pun.

Alasan penolakan, seperti kesulitan dalam menghubungi (kesulitan dalam menghubungi), dokumen tidak lengkap, dll (tetapi ini tidak berlaku untuk semua pelamar). Anda juga tidak akan menerima SMS konfirmasi hingga 14 hari kerja. Untuk status aplikasi kartu kredit, silakan hubungi call center bank.

Menanyakan pada Call center Bank Penerbit Kartu Kredit

Anda dapat dengan mudah memeriksa status aplikasi kartu kredit Anda melalui layanan call center. Anda hanya perlu menghubungi call center bank dan memberikan nama serta tanggal lahir Anda. Anda juga dapat memberikan nomor kartu identitas Anda untuk memudahkan pencarian data Anda.

Anda dapat menghubungi call center kartu kredit untuk informasi apapun tentang kartu kredit Anda yang ingin Anda ketahui. Misalnya untuk melihat dimana proses pengajuannya, apakah ada dokumen yang hilang dan apa langkah selanjutnya?

Cara Cek Status Pengajuan Kartu Kredit

Berikut cara memeriksa apakah kartu kredit Anda telah disetujui.

Cara cek status aplikasi kartu Kredit bank Mandiri

Anda bisa mengecek status pengajuan kartu kredit Bank Mandiri Anda dengan cara berikut ini.

  • Mandiri Call 14000 via call center
  • Hingga 14 hari kerja menunggu konfirmasi SMS
  • Independen/Periksa/Terapkan (dinonaktifkan sementara, tautan mati)
  • Jika Anda mengikuti mesin IVR, Anda akhirnya akan terhubung ke call center, dan kami sudah mencobanya.

Cara cek status aplikasi kartu Kredit bank BCA

Berikut 3 cara cek status aplikasi kartu kredit BCA Anda:

  • Via call center Halo BCA 1500888
  • Hingga 14 hari kerja menunggu konfirmasi SMS
  • Melalui aplikasi eform BCA. Anda harus memiliki akun eform BCA dan login.

Cara cek status aplikasi kartu Kredit bank BNI

Ada dua cara untuk mengecek status pengjuan kartu kredit BNI Anda:

  • BNI Call 1500046 Via Call Center
  • Hingga 14 hari kerja menunggu konfirmasi SMS

Cara cek status aplikasi kartu Kredit bank HSBC

Berikut cara cek status aplikasi kartu kredit HSBC Anda:

  • Melalui Pusat Kontak HSBC 64722
  • Hingga 14 hari kerja menunggu konfirmasi SMS

Cara cek status aplikasi kartu Kredit bank BRI

Gunakan metode berikut.

  • Melalui telepon BRI 14017
  • Hingga 14 hari kerja menunggu konfirmasi SMS

Alasan Bank Menolak Permohonan Kartu Kredit

Bank memiliki kriteria untuk melihat pemohon kartu kredit, karena pada prinsipnya bank tidak menginginkan kekacauan pembayaran yang merugikan. Berikut 10 alasan mengapa bank menolak untuk mengajukan kartu kredit.

Penghasilan Tidak Sesuai

Kartu kredit dibuat dalam berbagai jenis dengan pilihan limit yang menyasar kebutuhan calon pemegang kartu dan disesuaikan dengan jumlah pendapatan. Biasanya, pendapatan minimum yang diterima bank adalah Rp 3 juta. Jadi, semakin tinggi penghasilan Anda, semakin besar kemungkinan kartu kredit Anda disetujui, dan semakin tinggi pula limitnya jika disetujui.

Riwayat Kredit Buruk

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan bank sebelum menyetujui permohonan kartu kredit adalah riwayat kredit pemohon, seperti KTA, kredit mobil, dll. Bank melakukan verifikasi terhadap riwayat kredit pemohon melalui Cek BI (Bank Indonesia). Jika terjadi tunggakan, aplikasi kartu kredit Anda mungkin ditolak. Pelamar harus disiplin dalam membayar tagihan sesuai tenggat waktu.

Formulir dan Dokumen Tidak Lengkap

Data dalam formulir aplikasi harus lengkap dan harus disertai dengan dokumen yang diminta. Jika dokumen buram atau tidak terbaca, dokumen dianggap tidak valid. Jika Anda mengirimkan dokumen yang diperlukan melalui email, yang terbaik adalah mengirimkannya terlebih dahulu ke alamat email pribadi sehingga penerima dapat mengunduhnya.

Gagal Melakukan Verifikasi

Saat mengajukan permohonan kartu kredit, pemohon harus mengisi data formulir yang meliputi nomor telepon perorangan, kantor, rumah dan anggota keluarga dekat yang dapat dihubungi. Nomor yang terdaftar di daftar HTC (Sulit dihubungi) sering ditolak karena bank tidak menghubungi nomor tersebut.

Sering Berpindah-pindah Kerja

Bank akan melihat Anda sebagai orang yang tidak setia. Saran penulis adalah untuk mempertahankan status pekerjaan pelamar setidaknya selama satu tahun. Hal ini memudahkan bank untuk memverifikasi data dan menyetujui pengajuan kartu kredit.

Data Penghasilan Mencurigakan

Gaji merupakan syarat utama bagi bank dalam menilai kemampuan finansial pelamar. Dengan kata lain, pelamar harus memberikan bukti slip transfer gaji sebagai data verifikasi. Banyak calon pelanggan memalsukan data pendapatan atau potongan gaji mereka untuk lolos proses verifikasi. Bank dapat menganalisis data pendapatan melalui data internal perbankan. Oleh karena itu, setiap niat untuk memalsukan data pendapatan harus dihindari.

Kredibilitas Perusahaan

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa bank memiliki daftar perusahaan yang dikategorikan menurut nilai reputasinya. Pertimbangan datang dari berbagai sumber, termasuk data dari Bank Indonesia. Jika pemohon bekerja pada perusahaan yang telah diblacklist oleh Bank Indonesia karena kredit, maka bank akan mempertimbangkan kembali permohonan kartu kredit tersebut.

Tidak Mengajukan di Bank Tempat Menabung

Saat pemohon mengajukan permohonan kartu kredit, pihak bank akan melihat transaksi keuangan di rekening pemohon. Jika Anda mengajukan permohonan kartu kredit dari bank atau rekening penggajian Anda, Anda akan dikenakan biaya.

Punya Banyak Kartu Kredit

Sesuai ketentuan BI, penerbit kartu kredit hanya boleh menawarkan maksimal dua kartu kepada satu nasabah. Namun aturan ini kembali ke kebijakan risiko yang dikenakan oleh penerbit kartu kepada calon nasabah dengan pendapatan bulanan Rp 10 juta atau lebih.

Mengajukan lebih dari satu kartu kredit bersamaan

Saat mengajukan kartu kredit, pihak bank akan melihat reputasi kredit pemohon. Oleh karena itu, jika pemohon mengajukan dua kartu kredit sekaligus, pihak bank akan menentukan jumlah kartu kredit yang dibutuhkan dalam jumlah besar. Oleh karena itu, bank kemungkinan akan curiga dengan permintaan ini.

Itulah tadi beberapa informasi yang setidaknya harus kamu ketahui tentang cara mengetahui pengajuan kartu kredit disetujui atau tidak. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang berniat mengajukan kartu kredit di Bank ya.

%site% | NEWS