penyebab sulit bertahan hidup saat tanggal tua
penyebab sulit bertahan hidup saat tanggal tua

Ketahui Penyebab Sulit Bertahan Hidup Saat Tanggal Tua

Beritafintech.com – Anda mungkin pernah mengalami, saat tiba-tiba Anda harus merogoh saku dalam-dalam, ternyata saku itu kosong. Sebab hari itu adalah tanggal tua yang mana sudah sangat sekarat, tidak punya uang lagi.

Mengapa masih ada orang yang demikian kiranya? Orang-orang yang tidak bisa bertahan hidup karena tanggal tua. Penyebab sulit bertahan hidup begini biasanya karena sifat boros yang selalu menghantui pada tiap harinya.

Penyebab Sulit Bertahan Hidup Saat Tanggal Tua

Rasanya gamang sekali kalau tidak menghabiskan uang saat baru saja gajian. Padahal sudah sering terjadi merasa kekurangan menjelang akhir bulan. Tanggal tua seharusnya bisa lebih santai kalau saja saat tanggal muda bisa hemat.

penyebab sulit bertahan hidup saat tanggal tua

Kiranya mengapa tanggal tua identik dengan fenomena bokek atau tidak punya cukup yang lagi? Ternyata ini beberapa penyebab sulit bertahan hidup saat tanggal tua, meskipun sudah berusaha tidak boros.

1. Memiliki Banyak Tanggungan

Salah satu alasan mengapa tanggal tua terasa begitu menyeramkan sepertinya karena seseorang memiliki tanggungan sangat banyak.

Jadi ia tidak lajang lagi. Ia harus menafkahi istri dan anak-anaknya. Harus pula memberi orang tua sebagai wujud bakti dan kasih sayang kepada mereka.

2. Gaji Terlalu Sedikit

Ini merupakan alasan yang paling logis dan menjadi penyebab sulit bertahan hidup yang paling banyak orang-orang dera.

TRENDING  Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Ternyata karena gaji yang ia peroleh selama ini sangat kecil. Sehingga ia tidak memiliki kemampuan untuk merencanakan hal-hal lain selain untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Tidak Memiliki Passive Income

Orang yang tidak memiliki passive income pasti kesulitan bertahan hidup karena gajinya akan habis hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Sedangkan hal-hal selain itu tidak mampu tercapai karena memang manfaat passive income yang seharusnya bisa membantu mencukupi kebutuhan lain itu.

4. Kesulitan Menabung

Orang yang memiliki watak sulit menabung cenderung sulit pula untuk bertahan hidup ketika datang tanggal tua tiap bulannya.

Selalu saja ada alasan untuk kehabisan uang sebelum masanya gajian lagi. Artinya ia tidak hanya sulit menabung, tapi juga memang boros.

5. Belum Bisa Investasi dan Bisnis

Ya, investasi dan bisnis memang wajib Anda pelajari untuk keluar dari segala macam kemelut penyebab sulit bertahan hidup.

Belajarlah investasi dan bisnis dari sekarang walaupun semua sulit Anda lakukan pada awalnya.

6. Kebiasaan Buruk Menghamburkan Uang

Namun pada dasarnya kegiatan menabung ataupun investasi bisnis itu bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi sifat buruk hamburkan uang.

Memang ada tipikal orang yang semakin banyak pendapatannya, maka pengeluarannya juga sangat banyak.

7. Terlalu Banyak Self Reward

Self Reward atau memberikan hadiah kepada diri sendiri memang perlu. Tapi kalau terlalu sering bisa membuat Anda jadi sulit untuk tetap tegak.

Penyebab sulit bertahan hidup karena terlalu memanjakan diri sendiri banyak menjerat anak muda yang baru saja mulai memiliki gaji sendiri.

8. Gaya Hidup Hedonis

Orang yang hedonis adalah orang yang selalu berlebih-lebihan dalam menggunakan uang. Materi yang ia miliki selalu habis untuk belanja barang-barang branded.

Ini tentu tak baik jika tidak memiliki keselarasan dalam pendapatan yang juga seimbang dan besar.

9. Ada Kebutuhan Mendesak

Kemudian, penyebab sulit bertahan hidup juga karena adanya kebutuhan mendesak. Kebutuhan macam apa itu?

TRENDING  Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Pasti Cuan!

Misalnya tiba-tiba ada teman hutang atau saudara yang meminta. Tentu sulit menolaknya bila dalam posisi seperti ini

10. Mengalami Musibah

Selanjutnya yang terakhir adalah musibah. Keuangan bisa mendadak kacau karena tiba-tiba sakit atau mendadak kecelakaan. Atau bisa pula masalah usaha yang mendadak gulung tikar. Ini tentu merupakan wujud dari musibah yang harus diambil hikmahnya.

Untuk menghindari hal-hal yang menjadi penyebab sulit bertahan hidup saat tanggal tua ini harus dengan strategi. Tidak bisa terus-terusan hidup dengan cara seperti ini karena bisa membuat sengsara tiap akhir bulan.

Padahal kalau saja mau mencoba sedikit cara untuk mencegah hal-hal yang buruk pada tanggal tua. Cara yang mungkin bagi sebagian orang cukup merepotkan karena tidak terbiasa.

Mengatasi Penyebab Sulit Bertahan Hidup Saat Tanggal Tua

Apa saja kiranya cara untuk mengatasi sebab  sulitnya bertahan hidup saat tanggal tua maupun tanggal muda? Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. Masing-masing orang akan punya strategi yang terasa paling cocok.

Untuk itulah Anda perlu mencoba satu per satu cara ini untuk menentukan mana yang terbaik. Dengan begitu, tanggal tua akan terasa aman. Begitu pun tanggal muda. Tidak ada lagi istilah susah gara-gara kehabisan uang buat ini dan itu.

1. Menyisihkan Uang untuk Menabung Rutin

Orang-orang yang pintar menyisihkan uang untuk menabung rutin pasti bisa banget menghadapi tanggal tua.

Sampai-sampai dalam hidupnya sama sekali tidak ada istilah tanggal tua karena memang ia terbiasa hidup apa adanya asalkan bisa nabung.

2. Menentukan Budget Bulanan

Salah satu penyebab sulit bertahan hidup karena tiadanya budget bulanan pula.

Ketika Anda sudah memiliki nominal yang menjadi patokan hidup sehari-hari selama sebulan ke depan. Niscaya tidak ada lagi kejadian sama sekali tak punya uang meski sudah tanggal 20 ke atas.

TRENDING  Grafik Forex Gratis Terbaik Rekomendasi Kami

3. Membatasi Pengeluaran Harian

Anda yang memiliki gaji pas-pasan harus mulai membatasi pengeluaran harian. Tidak boleh terlalu loyal dan boros karena yang merugi adalah diri sendiri.

Iya kalau diri masih lajang, kalau sudah menikah tentu kasihan istri dan anak.

4. Berbelanja Secara Bijaksana

Mereka yang pandai berbelanja secara bijak artinya sudah pandai menahan nafsu. Godaan bagi para wanita kalau sudah belanja seringnya kalap.

Padahal uang tersebut bisa ditahan dulu, simpan dulu untuk kebutuhan yang akan datang. Jadi jangan menghabiskannya dalam satu kali sesi belanja.

5. Memprioritaskan Kebutuhan Daripada Keinginan

Mereka yang sudah mampu memprioritaskan mana kebutuhan mana yang keinginan. Inilah orang-orang yang akan selamat dari penyebab sulit bertahan hidup dalam segala kondisi.

Orang seperti ini tidak akan mudah kalut sekalipun keuangannya sedikit.

6. Mengurangi Acara Jalan-Jalan

Sadarlah bahwa terkadang acara jalan-jalan itu sangat unfaedah. Artinya sangat tidak bermanfaat sama sekali.

Terutama bagi mereka yang sibuk bekerja tapi senang sekali menyempatkan waktu jalan-jalan terlalu sering.

7. Menghindari Hutang

Hindarilah hutang agar bisa menghalau faktor penyebab sulit bertahan hidup pada segala tanggal.

Pahami bahwa hutang itu hanya akan membuat sengsara karena tiap bulan wajib membayar.

8. Memiliki Impian

Orang-orang yang memiliki impian cenderung lebih mudah untuk mengurus dirinya sendiri. Termasuk dalam pembagian uang agar bisa bertahan tiap bulannya.

Sebab ia cenderung sudah mahir menabung karena memiliki impian tersendiri dengan uang yang sudah ia kumpulkan.

Banyaknya langkah mengatasi penyebab sulit bertahan hidup tentu agak merepotkan pada mulanya. Namun jika Anda tak mencobanya dari sekarang, kapan lagi bisa memiliki hidup yang stabil.

Tidak ada yang bisa menjamin kesuksesan seseorang selain ikhtiarnya sendiri dan bagaimana pertolongan Tuhan terhadap dirinya.

Untuk itulah, Anda mesti mengatasi segala hambatan yang berasal dari dalam diri sendiri. Sebelum masalah keuangan semakin parah mendera.

%site% | NEWS