Asuransi Kesenjangan, Apakah Kamu Butuh?

Asuransi Kesenjangan, Apakah Kamu Butuh?

beritafintech.com – Asuransi kesenjangan dapat menutupi perbedaan antara jumlah yang Anda bayarkan untuk mobil Anda, jumlah hutang Anda pada mobil Anda jika Anda memiliki pembiayaan, dan jumlah yang akan diberikan perusahaan asuransi Anda jika dihapuskan atau dicuri.

Panduan ini menjelaskan cara kerjanya dan memberikan pro dan kontra untuk membantu Anda memutuskan apakah Anda membutuhkannya dan kemudian – jika demikian – membantu Anda menemukan kebijakan termurah.

Apa Itu Asuransi Kesenjangan?

Ini adalah fakta yang menyedihkan dalam hidup bahwa jika Anda membeli mobil baru, nilainya turun sepertiga setelah Anda mengeluarkannya dari halaman depan. Nilainya kemudian akan turun rata-rata 60% selama tiga tahun, menurut Perjanjian AA.

Jika mobil dihapuskan atau dicuri, perusahaan asuransi akan membayar utangnya saat itu – jadi kemungkinan besar Anda akan mendapatkan lebih sedikit dari perusahaan asuransi daripada yang Anda bayarkan saat membelinya, terutama jika mobil itu baru.

Ini berarti bahwa ketika Anda mendapatkan mobil pengganti, ada “kesenjangan” antara berapa banyak perusahaan asuransi Anda membayar dan berapa banyak yang harus Anda bayar untuk membeli mobil itu (atau model baru yang serupa) lagi.

Jika Anda memilih untuk membeli asuransi kesenjangan (perlindungan aset terjamin), ini adalah “celah” yang dicakupnya. Mereka biasanya dijual oleh agen – seperti halnya penyedia layanan independen – dan kebijakan biasanya dihargai antara £ 100 dan £ 300 untuk pertanggungan tiga tahun.

Namun, asuransi gap tidak diperlukan karena perusahaan asuransi mobil Anda harus sudah membayar kendaraan pengganti dengan usia dan kondisi yang sama. Asuransi kesenjangan pada dasarnya tersedia jika Anda ingin membeli mobil baru untuk menggantikan yang lama, atau jika Anda memiliki kesepakatan pembiayaan dan akan berutang lebih banyak kepada perusahaan pembiayaan daripada yang akan Anda dapatkan dari perusahaan asuransi.

Apa yang dicakup oleh asuransi kesenjangan?

Ada tiga jenis utama asuransi kesenjangan, jadi apa yang dicakupnya tergantung pada jenis yang Anda beli:

Asuransi Defisit “Kembali ke Faktur”. Ini memberi Anda selisih antara apa yang akan dibayar oleh perusahaan asuransi mobil Anda jika mobil Anda dihapuskan atau dicuri dan jumlah asli yang Anda bayarkan atau jumlah utang Anda kepada perusahaan pembiayaan mobil.

Mengamankan celah “Penggantian Kendaraan”. Ini memberi Anda selisih antara apa yang akan dibayarkan perusahaan asuransi kepada Anda dan apa yang akan mereka bayarkan kepada Anda jika Anda membeli mobil hari ini sebagai merek baru, atau jika itu adalah mobil bekas, dan berapa harganya saat Anda pertama kali membelinya.

Sewa Asuransi Gap. Ini hanya tersedia bagi mereka yang menyewa mobil mereka, tanpa pilihan untuk membelinya. Nilai pasar kendaraan saat ini akan ditanggung oleh perusahaan asuransi kendaraan Anda dan gap cover akan membayar sisa pembayaran untuk sisa masa sewa.

Apa yang tidak dicakup oleh asuransi kesenjangan?

Seperti semua polis asuransi, ada sejumlah pengecualian. Berikut adalah yang paling umum yang akan Anda temukan dengan asuransi kesenjangan:

Anda harus memiliki asuransi mobil yang komprehensif, sehingga tidak akan ditanggung jika hanya memiliki polis pihak ketiga.

Pembayaran hanya akan dilakukan jika kendaraan Anda dicuri atau dihapuskan seluruhnya, atas kebijakan perusahaan asuransi.

Anda tidak akan dibayar untuk pengurangan yang dibuat oleh perusahaan asuransi mobil Anda. Misalnya, jika Anda mengurangi jumlah yang Anda bayarkan karena Anda melewatkan pembayaran asuransi bulanan, polis asuransi kesenjangan Anda tidak akan menutupi jumlah itu.

Jika Anda menambahkan pengaya ke kendaraan Anda, seperti paduan atau spoiler, asuransi celah tidak akan menanggung biaya pengaya ini jika kendaraan Anda hilang atau dicuri. Anda hanya akan membayar selisih antara apa yang awalnya Anda bayarkan dan nilai pasar (dikurangi ekstra).

Haruskah Memiliki Asuransi Kesenjangan?

Kebijakan apa pun bersifat opsional, jadi Anda harus mengevaluasi apakah biayanya sepadan untuk Anda. Seperti yang kami jelaskan di atas, asuransi gap tidak diperlukan karena asuransi mobil Anda harus membayar kendaraan pengganti dengan usia dan kondisi yang sama dengan saat dicabut, sehingga Anda tidak lebih buruk.

Poin-poin penting ini dapat membantu Anda menentukan hal-hal berikut: Asuransi kesenjangan mungkin berguna bagi Anda jika;

Ingin mobil pengganti baru

Jika Anda sudah mati untuk mendapatkan mobil baru jika mobil Anda delisting, Anda dapat mempertimbangkan asuransi kesenjangan. Misalnya, jika Anda membayar £30.000 untuk mobil baru dan setelah 15 bulan, perusahaan asuransi mobil Anda akan membayar £18.000 (bernilai saat itu).

Jika Anda tidak puas dengan jumlah yang lebih rendah – meskipun itu cukup untuk mendapatkan mobil pengganti yang serupa – asuransi kesenjangan mungkin sepadan.

Anda berutang uang ke perusahaan pembiayaan mobil

Jika Anda telah mengambil pembiayaan untuk pembelian mobil – misalnya, pinjaman pribadi – Anda mungkin menemukan asuransi kesenjangan berguna. Ini karena jika Anda membeli mobil dengan cara ini dan dihapus atau dicuri, meskipun perusahaan asuransi mobil Anda akan membayar nilai yang jatuh tempo pada saat itu, Anda masih dapat membayar kembali nilai saat Anda pertama kali membelinya.

Jika mobil rusak atau dicuri, Anda tetap harus melunasi pinjaman secara penuh. Tetapi jika Anda membeli cakupan kesenjangan, pinjaman akan dilunasi lebih awal – yang berarti Anda tidak meninggalkan uang untuk mobil yang tidak lagi Anda miliki. Anda tidak perlu memiliki asuransi kesenangan jika;

Anda akan senang dengan mobil pengganti (bukan yang baru).

Jika Anda tidak terganggu dengan depresiasi mobil Anda, tidak perlu membeli asuransi gap. Jika mobil Anda dicuri atau dihapus, asuransi mobil Anda akan membayar mobil pengganti – jadi Anda juga akan mendapatkan mobil yang sama. Jadi satu-satunya manfaat dari celah tersebut adalah Anda akan mendapatkan pengembalian dana untuk jumlah awal yang Anda bayarkan. Lihat Panduan Asuransi Mobil Murah kami untuk tips mendapatkan polis asuransi murah.

Mobil Anda berusia kurang dari satu tahun dan Anda memiliki asuransi mobil yang komprehensif.

Polis asuransi mobil yang paling komprehensif menawarkan “penggantian mobil baru” untuk 12 bulan pertama dan kadang-kadang 24 bulan untuk mobil baru, jadi jika mobil Anda melakukannya dan Anda masih dalam periode itu, Anda tidak memerlukan asuransi kesenjangan.

Anda memiliki mobil bekas (walaupun beberapa mobil bekas masih membelinya).

Jika Anda membeli mobil bekas, asuransi gap tidak membantu. Hal ini dikarenakan mobil bekas tidak akan turun nilainya dengan harga yang sama dengan mobil baru. Rata-rata, menurut CAP, mobil tiga tahun akan terdepresiasi 14% di tahun pertama, 24% di tahun kedua, dan 33% di tahun ketiga. Ini jauh di bawah rata-rata penurunan 60% untuk mobil baru dalam tiga tahun pertama.

Oleh karena itu, kesenjangan antara apa yang Anda bayarkan dan apa yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi kepada Anda akan jauh lebih kecil dan polis kesenjangan mungkin agak tidak berguna.

Cara Termurah untuk Membeli Asuransi Kesenjangan

Asuransi kesenjangan tersedia di sejumlah tempat berbeda dan biasanya dijual oleh dealer atau broker khusus (Anda tidak mungkin bisa mendapatkannya dari perusahaan asuransi mobil Anda).

Karena asuransi gap secara historis dijual oleh penjual mobil yang antusias, dealer sekarang tidak diizinkan untuk menjualnya kepada Anda pada saat yang sama Anda membeli mobil. Harus ada setidaknya dua hari antara tanggal Anda diberi penawaran gap dan hari Anda membelinya.

Jika Anda mendapatkan penawaran asuransi kesenjangan dari dealer, gunakan waktu ini untuk membandingkan harga karena membeli dari penyedia online mungkin lebih murah – seperti yang dilaporkan oleh pengguna di forum kami:

Saya baru saja membeli mobil baru dari dealer terkemuka. Mereka menawari saya asuransi kesenjangan sebesar £349 selama tiga tahun, tetapi pertanggungan serupa adalah £63 online. Format Sladevale

Kebijakan gap terakhir yang saya beli secara online adalah 75% lebih murah daripada yang ditawarkan oleh pedagang, jadi itu pasti sepadan. Forum WellKnownSid

Ketika kami meminta 10 dealer untuk mengutip asuransi kesenjangan untuk mobil senilai £ 10.000, harga termurah untuk pertanggungan satu tahun dan tiga tahun adalah £ 325 dan £ 375, masing-masing. Itu dibandingkan dengan £54 dan £120 untuk sampul yang sama yang kami temukan online, jadi lebih murah hingga £270.

Broker Asuransi Kesenjangan Online Terbaik

Harga yang Anda dapatkan tergantung pada banyak faktor, jadi jika Anda punya waktu, selalu periksa beberapa situs perbandingan yang berbeda sebelum membeli untuk memastikan Anda mendapatkan harga terbaik.

Melalui broker juga berarti Anda bisa mendapatkan informasi dan saran tambahan tentang polis yang Anda beli.

Setelah Anda menemukan harga terbaik Anda, bandingkan ini dengan penawaran apa pun dari pedagang. Apa pun kebijakan yang Anda pilih, selalu pastikan Anda mengetahui semua fitur utama dan pastikan itu tepat untuk Anda.

Cara Mengajukan Komplain ke Perusahaan Asuransi

Industri asuransi tidak memiliki reputasi terbaik untuk layanan pelanggan, dan sementara penyedia mungkin baik untuk beberapa orang, itu bisa menjadi neraka bagi orang lain.

Masalah umum termasuk klaim yang tidak dibayar tepat waktu atau sama sekali, biaya yang tidak adil, atau menyembunyikan pengecualian dalam huruf kecil. Selalu ada baiknya mencoba menghubungi penyedia Anda terlebih dahulu.

Check Also

Generasi Muda Diajak Sehat Finansial

Generasi Muda Diajak Sehat Finansial

Jakarta: OCBC NISP Financial Fitness Index (FFI) 2023 menunjukkan skor kesehatan finansial generasi muda di Indonesia terus meningkat selama tiga tahun terakhir. Hal itu dapat terjadi meskipun baru saja keluar dari situasi pandemi covid-19.  OCBC NISP FFI 2023 adalah riset tahunan yang menggambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia. Skor tahun ini menunjukkan angka 41,16

%site% | NEWS