Tips Hemat Uang Makan
Tips Hemat Uang Makan

Tips Hemat Uang Makan untuk Orang Single

Beritafintech.com – Sungguh menarik membicarakan kehidupan para single person. Terutama tentang bagaimana mereka mengatur keuangan. Tips hemat uang makan ini bisa jadi bekal para single dalam menentukan budget hariannya.

Uang makan menjadi indikator pengeluaran belanja bulanan yang paling besar. Jumlahnya melebihi budget untuk membeli kebutuhan lain, seperti perlengkapan mandi, skincare dan tagihan listrik. Tentu hal ini pada akhirnya akan memberatkan bila sudah menjadi kebiasaan.

Tentu saja karena manusia makan sehari bisa sampai tiga kali. Masing-masing sesi makan membutuhkan banyak biaya. Dengan demikian, pembengkakan belanja harian sangat mungkin terjadi.

Dalam kondisi begini, mereka para single butuh tips hemat uang makan. Semata-mata agar di akhir bulan ada sisa uang untuk menabung. Selain itu pada dasarnya alokasi anggara belanja makan yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan. Sebab makanan menjadi salah satu faktor penentu kesehatan.

Tips Hemat Uang Makan
Tips Hemat Uang Makan

Cara Menghemat Uang Makan untuk Para Single Supaya Bisa Tetap Menabung

Para single termasuk orang yang gemar menabung karena sedang merencanakan banyak hal di masa depannya, seperti menikah, membeli rumah dan kendaraan, serta untuk modal bisnis. Sehingga mereka sudah punya dasar tekad untuk mau hidup irit.

Ada dua kebiasaan makan para single, yaitu memasaknya sendiri dan membeli makanan jadi. Dari keduanya, kebanyakan orang pilih beli saja. Oleh karena masak itu prosesnya ribet dan lama, bisa sampai berjam-jam. Padahal kebanyakan orang single itu sibuk bekerja.

TRENDING  Menabung Vs Hidup Hemat, Mana yang Bikin Kaya?

Beberapa tips hemat uang makan yang cocok untuk para single supaya ada perubahan dalam pola pengaturan uang mereka ke arah lebih baik. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Selalu Masak Sendiri

Para single mau tidak mau harus belajar jadi chef untuk dirinya sendiri. Semakin ia sering masak, maka semakin mahir dalam membuat resep yang irit. Pada akhirnya, makan makanan buatan sendiri tidak akan terasa kenyang duluan.

Ya, gangguan yang kerap menimpa para chef yaitu menjadi tidak selera makan karena sudah capek duluan masaknya. Begitu pun para single, seringkali habis masak malah tidak selera makan lagi. Tapi jangan patah semangat, masak sendiri bisa jadi cara survive yang elegan.

2. Usahakan Punya Kulkas

Bingung mencari-cari tips hemat uang makan harian, ternyata karena belum punya kulkas. Mereka yang tidak punya kulkas di rumahnya pasti kesulitan menyimpan bahan makanan sehingga mudah busuk dan layu.

Coba kalau punya kulkas, bahan makanan bisa lebih awet dan segar. Jadi tidak bolak-balik belanja lagi karena bahan makanan lama semutan, jamuran, laleran dan lain sejenisnya.

3. Belanja Bahan Makanan yang Awet

Saat belanja bahan makanan, pilih jenis-jenis sayuran dan buah yang awet. Seperti sawi putih, kobis, kentang, wortel, tomat, labu siam dan pisang. Jangan sesekali membeli yang mudah rusak, seperti kangkung, buncis dan bayam. Kecuali kalau memiliki kulkas, ketiga sayuran ini cukup awet.

Untuk para single yang benar-benar ingin lebih awet dan hemat lagi, bisa membeli makanan seperti abon, sambal kemasan, keripik, rempeyek dan sosis siap makan. Ini bisa jadi teman makan nasi yang simple.

4. Membatasi Asupan Kalori

Untuk bisa melaksanakan masing-masing tips hemat uang makan, bisa dengan cara diet kalori. Batasi asupan kalori harian dengan cara tidak banyak makan. Membatasi bukan berarti sama sekali tidak makan, jadi tenang saja ini bukan diet ekstrim.

TRENDING  Menabung Vs Hidup Hemat, Mana yang Bikin Kaya?

Biasanya orang single merasa selalu lapar dan berpikir tentang makan dan minum terus. Sebab mereka merasa kulineran dan minum-minum bisa jadi cara lepas dari kesepiannya. Jadi mereka senang makan dan minum untuk menghibur dirinya sendiri.

5. Menyibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Para single harus terbiasa menyibukkan diri dengan kegiatan positif. Supaya mereka jadi tidak kepikiran soal makan terus. Misalnya dengan terus fokus bekerja dan tidak membiarkan pikiran kosong dan melamun.

Tidak semua single hidupnya sedepresi ini memang. Namun tips hemat uang makan ini memang akan membuat para single menyadari bahwa jika bukan mereka sendiri yang berjuang menata uang, siapa lagi?

6. Mendownload Aplikasi Food Delivery

Sangat membantu kehidupan orang-orang single yang aktivitasnya padat. Agar kebutuhan makan terjamin, sebaiknya jadwalkan pada aplikasi Food Delivery terkenal negara ini, seperti misalnya GoFood, GrabFood dan ShopeeFood.

Ketika masak menjadi tidak memungkinkan lagi, saat itulah aplikasi pemesanan makanan online menjadi teman para single. Jika mampu menggunakan dengan bijaksana pasti bisa membuat hidup lebih irit karena tidak perlu keluar uang bensin untuk pergi ke warung makan.

7. Mengikuti Program Gratis Ongkir

Tempat yang paling tepat memperoleh gratis ongkir adalah aplikasi pengantaran makanan itu sendiri. Cek pada bagian halaman promo, biasanya ada voucher-voucher yang sangat menguntungkan. Sayang sekali bila voucher ini tak terpakai.

Selain itu bisa pula mendaftar program diskon ongkir selamanya dalam periode mulai dari 14 hari dengan mendaftar Gofood Plus. Dengan langganan prioritas seperti ini, para single tidak akan membayar biaya ongkir makanan yang sangat mahal itu.

8. Memanfaatkan Program Cashback

Sekarang zamannya bayar apa-apa pakai Qris. Kabar baiknya, pembayaran dengan Qris biasanya akan memperoleh reward cashback. Meskipun recehan mulai dari Rp500 tapi kalau dikumpulkan pun lumayan juga. Cashback seperti ini tersedia pada aplikasi dompet digital biasanya yang terintegrasi dengan Qris sebagai alat pembayarannya.

TRENDING  Menabung Vs Hidup Hemat, Mana yang Bikin Kaya?

Para single kerap mengabaikan program cashback seperti ini karena merasa nominalnya sangat kecil. Atau bisa pula karena kebetulan saat belanja sedang tidak punya saldo dompet digital.

9. Mencari Diskon Makanan

Seorang single tidak boleh gengsi, termasuk saat mencari harga makanan murah.  Jika mau berusaha, pasti ada saja jalannya menuju ke outlet yang memberikan diskon makanan. Gunakan sesi-sesi diskon ini untuk moment self reward, tapi pastikan jangan keseringan supaya tidak boros.

Jangan lupa untuk memfollow akun-akun food vlogger yang ada di media sosial, khususnya Instagram dan TikTok. Mereka seringkali memberi informasi tentang outlet mana yang sedang diskon.

10. Menjadi Food Vlogger

Menjadi seorang food vlogger sangat mengasyikkan bila memiliki bakat dalam bidang ini. Tapi pastikan bahwa kegiatan ini bukan untuk ajang cari makan gratisan. Sudah banyak kasus food vlogger yang cari makan gratisan malah berujung pada hujatan netizen.

Tips hemat uang makan tidak harus dengan cara meminta makanan gratis. Dengan menjadi food vlogger justru harusnya bisa mencari uang tambahan dengan meramaikan kanal media untuk membuka endors atau paid promote.

Tak bisa dipungkiri bahwa tidak semua single hidupnya mapan. Ada pula yang masih berjuang menata diri. Terkadang soal uang makan terasa sangat memusingkan untuk memikirkannya.

Dari sepuluh tips hemat uang makan di atas, manakah yang paling cocok untuk single? Tampaknya orang-orang single mesti memadu-madankan masing-masing poin. Supaya para single bisa bertahan hidup dengan cara paling manusiawi.

Check Also

menabung, hidup hemat

Menabung Vs Hidup Hemat, Mana yang Bikin Kaya?

Beritafintench.com – Akhir-akhir ini generasi milenial dan zilenial terancam menghadapi krisis finansial yang parah. Sejalan …

%site% | NEWS