Orang Kaya Baru, OKB
Orang Kaya Baru

Orang Kaya Baru (OKB) Mudah Bangkrut, Apa Penyebabnya?

Beritafintech.com – Memperoleh kekayaan itu bentuk perjuangan, namun mempertahankan kekayaan juga menjadi perjuangan yang lebih berat daripada saat memperolehnya. Sebab saat seseorang berubah status sosialnya menjadi kaya, maka ia akan mengalami perubahan gaya hidup pula.

Gaya hidup menjadi penyebab utama mengapa ia gagal mempertahankan kekayaan. Perubahan dari gaya hidup sederhana menjadi glamor. Hingga terkadang membuat orang lain menjulukinya sebagai seorang OKB atau Orang Kaya Baru.

Apa dan Siapa itu OKB? Alasan Mengapa Bisa Kaya Mendadak

Anda tentu tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Orang Kaya Baru merupakan sebuah term yang sifatnya sangat satire. Memuji tapi sebetulnya juga sedang mengkritik dan mencibir mereka yang mendadak kaya karena suatu alasan. Hingga kekayaannya membuatnya jadi bertingkah yang terkadang terlalu mencolok dan di luar nalar.

Orang Kaya Baru, OKB
Orang Kaya Baru

OKB mendadak kaya karena suatu alasan yang macam-macam, beberapa di antaranya yaitu:

1. Pernikahan

Pada dasarnya pernikahan bisa membawa kekayaan. Sebab dengan menikah, dua individu bersatu. Pintu rejeki akan terbuka dari segala arah ketika sepasang suami istri kompak dan mau berusaha mencapai kemandirian finansial.

Mereka yang tiba-tiba kaya karena pernikahan tidaklah semata-mata terjadi begitu saja. Bukan karena uang mahar, apalagi uang sumbangan. Mereka kaya karena memang telah matang dan siap menjalani pernikahan dengan segala kemelutnya.

2. Perubahan Profesi

Seseorang bisa saja memperoleh julukan Orang Kaya Baru (OKB) karena perubahan profesi. Pekerjaan yang tadinya kerja serabutan, ternyata sudah diangkat menjadi pekerja tetap.

Bisa pula karena tiba-tiba memperoleh promosi kenaikan jabatan sehingga gajinya naik berkali-kali lipat. Artinya OKB bisa kaya karena perjuangannya sendiri dalam menjalani profesinya selama ini.

3. Kesuksesan Bisnis

Sebuah bisnis dalam bentuk apapun bisa membuat seseorang jadi kaya. Ada proses yang ia jalani mulai dari investasi hingga menerima hasilnya.

Para OKB adalah orang-orang yang gigih dalam bisnisnya. Mereka tekuni mulai dari nol hingga saat posisi keuangan sudah melimpah, orang lain mulai curiga dan menuduh yang aneh-aneh, misalnya karena pesugihan, nyupang atau pelihara tuyul.

4. Menang Lotre

Bisa saja Orang Kaya Baru terjadi karena ia memperoleh hadiah dan undian Lotre dalam jumlah sangat besar. Sampai-sampai membuat kaget dan iri orang lain karena dengan kemenangan ini ia berhasil bangkit dari keterpurukan.

Memang terkesan negatif bermain Lotre, sudah seperti film saja. Tapi memang ada saja orang yang kaya karena alasan silly tapi lucky begini.

5. Warisan

Seseorang menjadi OKB bisa jadi karena dapat warisan dari bokapnya, nyokapnya atau dari kakek dan neneknya. Pelimpahan warisan ini menjadi alasan paling banyak mengapa Orang Kaya Baru jadi bermunculan di mana-mana.

Mereka yang tadinya ketika bocah mungkin biasa saja. Sampai lulus kuliah tampak masih sederhana. Ketika bekerja gaji pun pas-pasan. Eh, tiba-tiba borong beli rumah dan kendaraan. Pantas tetangga jadi curiga dan menuduhnya telah memperoleh warisan.

Dari lima poin di atas nampak sekali bahwa faktor-faktor tersebut sifatnya sangat aji mumpung. Oleh karena memang sudah rejeki yang membuat seseorang akhirnya mencapai kekayaan yang signifikan. Hingga kekayaannya ini mampu membawa perubahan dalam dirinya.

Penyebab Orang Kaya Baru (OKB) Gampang Bangkrut

Ibarat kejatuhan durian montong, hingga hidupnya pun menjadi sangat berdaging. Demikianlah para OKB mengalami pergeseran nilai-nilai kehidupan. Terutama dalam bidang pergaulan yang membuat lingkaran mereka pun berubah.

Teman lama menghilang. Teman baru datang saat-saat butuh. Dan akhirnya mencoba memasuki lingkaran baru, namun malah memperoleh julukan OKB hanya karena baru mentas dari kemiskinan.

Biasanya yang melabeli OKB memang adalah orang-orang sentimen yang tidak suka melihat orang lain sukses. Atau mengalami perasaan iri hati hingga ingin menjatuhkan kepercayaan diri mereka yang baru saja hidup menjadi sultan.

Namun terlepas dari kondisi lingkungan yang penuh dengan cibiran, pada dasarnya dalam diri Orang Kaya Baru pun ada bibit-bibit untuk mengalami kegagalan mempertahankan kekayaan karena sikap dan sifatnya sendiri.

Berikut beberapa penyebab mengapa seorang OKB rawan sekali mengalami kebangkrutan lagi:

1. Over Acting

Orang Kaya Baru seringkali bersikap berlebihan hingga menarik perhatian. Ucapannya bertujuan untuk memperoleh decak kagum. Pemberiannya bertujuan untuk memperoleh pujian. Dan apa yang ia lakukan sejatinya hanya seperti drama.

Mungkin kekayaannya selama ini nyata, bukan fiktif. Namun pembawaannya yang masih over acting ini justru membuatnya rawan memiliki musuh dan kena bully. Tidak ada yang bakal respect dengan OKB begini.

2. Boros dan Terlalu Loyal

Perhatikan saja bagaimana para OKB sangat loyal kepada dirinya sendiri maupun orang lain. Sehari-hari pengeluarannya sangat boros. Ia pun lama-lama hidup hanya dari menggantungkan kekayaan masa sekarang.

Lama-lama uang simpanannya habis hanya buat memberi reward pada dirinya sendiri maupun orang lain. Intinya, OKB begini terlalu banyak plesiran.

3. Riya dan Pamer Harta

Mereka yang riya dan suka pamer harta pasti diam-diam banyak musuhnya. Ada saja orang lain yang membicarakan kejelekan dirinya di belakang. Sebab orang ini tak suka dengan sikap OKB yang terlalu mengumbar dirinya banyak uang.

Sesungguhnya orang kaya yang bukan OKB tidak akan melakukan itu. Mereka terkenal sebagai orang yang justru berusaha menyembunyikan uang mereka. Sampai-sampai terkadang jadi tergiur untuk tidak membayar pajak dan melakukan kegiatan money laundry. Ini artinya kekayaan terkadang memicu sifat negatif bila orangnya tidak memiliki moral.

4. Alkoholik

Mereka yang memiliki gaya hidup senang minum alkohol dan mabuk-mabuk. Rawan sekali OKB untuk terjerumus dalam gelapnya miras. Sebab mereka merasa hampa, tidak memiliki teman ataupun mengalami kesulitan untuk adaptasi dengan status sosialnya yang baru ini.

Alkohol hanya akan merusak tubuh dan logika. Kekayaan bisa susut hanya karena kebiasaan ini. Maka sebaiknya para Orang Kaya Baru mencegah dirinya dari minum-minum begini.

5. Terjebak Gambling

Para OKB adalah orang-orang yang sangat memprihatinkan karena terkadang mereka tidak tahu cara menggunakan uangnya dengan baik. Bukannya untuk investasi, malah buat judi.

Ya, gambling adalah faktor terbesar pula yang membuat para OKB akhirnya bangkrut lagi. Ia tidak akan pernah bisa bangkit saat masih senang gambling.

6. Perselingkuhan

Masalah percintaan seringkali membuat para OKB jadi galau. Hubungannya dengan pasangan resmi menjauh, malah terbayang-bayang buat selingkuh.

Perselingkuhan membuat mereka akhirnya mengalami keretakan rumah tangga. Para OKB benar-benar orang yang malang kalau urusan cinta. Rawan sekali mengalami prahara.

7. Dendam dan Benci Kepada Masa Lalu

Pikiran negatif selalu berkecamuk dalam diri Orang Kaya Baru. Ia memiliki dendam dan kebencian besar pada masa lalunya yang sulit. Tekanan mental seperti ini lama-lama bisa membuat dirinya jatuh bangkrut.

Mengapa demikian? Sebab ia gagal beradaptasi dengan situasi dan kondisi hidup sekarang. Pikirannya sibuk mengutuki masa lalu.

Nah, dari beberapa alasan mengapa Orang Kaya Baru jatuh bangkrut, kiranya mana yang paling sesuai? Sebetulnya para OKB pun berhak untuk hidup bahagia, lepas dari segala macam stigma.

Namun semua kembali pada karakter masing-masing orang. Bilamana ia bijaksana dan baik hati, niscaya kondisi melimpahnya materi, baik secara bertahap maupun mendadak tidak akan membuatnya mengalami hal negatif.

%site% | NEWS