Aset Finansial yang Wajib Dimiliki Generasi Sandwich, Apa Saja?

Aset Finansial yang Wajib Dimiliki Generasi Sandwich, Apa Saja?

Jakarta: Ekonom dari Universitas Indonesia Telisa Aulia Falianty menganjurkan agar generasi sandwich memiliki aset finansial sebagai pemasukan pasif untuk membantu sumber pemasukan sehingga tidak hanya mengandalkan dari pendapatan utama.

“Generasi sandwich lumayan berat, ya, bebannya. Tetapi memang justru dengan kita berpikirnya financial asset itu bisa membantu sumber pemasukan tambahan selain dari income mereka,” kata Telisa, dilansir Antara, Jumat, 24 Februari 2023.

Apa itu generasi sandwich?

Diibaratkan seperti namanya, sandwich atau roti apit, sebutan tersebut merujuk pada orang-orang yang memiliki beban ganda yakni dia tidak hanya berusaha untuk menghidupi dirinya sendiri melainkan juga menanggung biaya hidup orang tua dan anaknya.

Telisa mengatakan aset finansial yang dimiliki berfungsi sebagai simpanan atau tabungan cadangan yang nantinya dapat bermanfaat jika sewaktu-waktu generasi “sandwich” menghadapi kebutuhan yang mendesak.
“Memang harus dimulai, ya. Dan diberikan edukasi finansial kepada mereka menabung itu justru akan membantu meringankan nanti beban mereka di masa yang akan datang,” ujar Telisa.

Generasi sandwich wajib punya tabungan

Menurut Telisa, aset finansial yang wajib dimiliki generasi sandwich yaitu tabungan. Jenis aset ini merupakan aset finansial yang paling konvensional. Apalagi, imbuh dia, saat ini pemerintah sudah meluncurkan produk “TabunganKu” di beberapa bank dengan syarat mudah dan ringan serta saldo minimal yang cukup ramah untuk lapisan masyarakat kecil. Selain itu, aset konvensional lain yang dapat dipilih yaitu deposito.

“Tapi memang return-nya nggak bisa terlalu tinggi. Tapi mereka harus punya itu (tabungan), walaupun dalam jumlah kecil,” ucap Telisa.

Generasi sandwich harus melek investasi

Selain itu, Telisa juga merekomendasikan generasi sandwich untuk mulai berinvestasi atau menabung emas dan ini dapat dilakukan dengan menyicilnya dimulai dari jumlah yang kecil.

Kemudian, naik ke tingkatan selanjutnya, generasi sandwich juga dapat berinvestasi pada saham sambil didampingi oleh pihak profesional.

Jika generasi sandwich sudah memiliki beberapa aset finansial tersebut, aset juga dapat dikombinasikan dengan produk lainnya seperti simpanan di koperasi. Beranjak ke tingkatan yang lebih mumpuni lagi jika pemasukan utama sudah meningkat, generasi sandwich dapat berinvestasi pada obligasi hingga properti.

Perdalam literasi finansial

Namun, Telisa mengingatkan setiap produk keuangan memiliki risikonya masing-masing. Oleh sebab itu, generasi sandwich didorong untuk meningkatkan kemampuan literasi finansialnya sehingga terhindar dari produk keuangan yang spekulatif dan ilegal.

Literasi juga penting untuk dilakukan sejak dini dimulai dari tingkatan sekolah atau perguruan tinggi.

“Program itu (literasi finansial) harus digalakkan untuk memberikan mereka pengetahuan pentingnya juga financial asset tapi tetap ada risiko yang perlu hati-hati dan bagaimana mengelolanya supaya optimal. Jadi, perencanaan keuangannya harus lebih dimasifkan lagi, dibikinlah semacam simulasi-simulasi,” kata Telisa.

Yang tak kalah penting, menurut Telisa, generasi sandwich juga harus tetap meningkatkan keterampilan atau kompetensi (skill) yang dapat mendukung pekerjaan dan kariernya. Dengan begitu, diharapkan pendapatan utama akan membaik serta dana yang disisihkan untuk menabung atau investasi juga bertambah.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ANN)

Generasi sandwich mengacu pada generasi yang harus mengurus orang tua mereka yang menua serta para anak mereka. Oleh karena itu, aset finansial yang wajib dimiliki oleh generasi ini sangat penting untuk memastikan kesejahteraan keluarga mereka. Beberapa aset finansial yang penting untuk dimiliki oleh generasi sandwich antara lain adalah asuransi kesehatan, tabungan pensiun, investasi yang menguntungkan, dan properti. Dengan memiliki aset finansial yang cukup, generasi sandwich dapat mengatasi berbagai tantangan finansial yang mungkin terjadi ketika mereka harus menjaga dua generasi sekaligus. Ini akan membantu mereka menjaga stabilitas keuangan keluarga mereka di masa depan.

Check Also

Ingat! Anak Muda Indonesia Juga Harus Mapan Finansial

Ingat! Anak Muda Indonesia Juga Harus Mapan Finansial

Jakarta: Sun Life Indonesia dan Universitas Gunadarma menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) yang turut meneguhkan komitmen bersama untuk memberdayakan generasi muda Indonesia menuju kemapanan finansial dan hidup yang lebih sehat.  Penandatanganan yang dilangsungkan di Universitas Gunadarma ini menunjukkan komitmen Sun Life Indonesia dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia dalam memulai karier mereka. Di tengah tantangan dan kebutuhan

%site% | NEWS